Oceanman 2020, Ajang Renang Perairan Terbuka Level Internasional di Indonesia

Sabtu, 11 Januari 2020 14:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Oceanman 2020
Ajang renang perairan terbuka Oceanman 2020 akan digelar mulai Maret 2019. Copyright: © Oceanman 2020
Ajang renang perairan terbuka Oceanman 2020 akan digelar mulai Maret 2019.

INDOSPORT.COM - Ajang renang perairan terbuka Oceanman 2020 akan digelar mulai Maret mendatang. Berbeda dari sebelumnya, Indonesia ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah. 

Oceanman 2020 akan digelar di 16 negara, mulai dari Yucata, Meksiko, pada Maret mendatang. Setelahnya, ajang ini berlangsung di Bali pada 10-11 April, kemudian dijadwalkan selesai di Siprus (7-8 November).

Untuk penyelenggaraan di Indonesia, Oceanman Internasional menunjuk Millennium Aquatic, klub renang papan atas yang dikelola dua mantan perenang nasional, Felix Sutanto dan Albert Sutanto, sebagai panitia penyelenggara.

Millennium Aquatic, yang didirikan pada September 1999, sudah tersebar di kota-kota besar Indonesia dan beranggotakan lebih dari 1.000 atlet. Felix dan Albert Sutanti bahkan rutin mengikuti Oceanman.

Hal itu membuat Felix dan Albert dinilai berkomitmen kuat terhadap dunia renang, khususnya Oceanman, sehingga dipercaya untuk menggelar hajatan akbar ini di Indonesia. 

"Oceanman ini ajang internasional yang selalu diikuti ribuan peserta. Menurut saya, dengan masuknya Indonesia sebagai salah satu tuan rumah, Oceanman akan berdampak positif juga bagi masyarakat setempat, terlebih warga Bali," ujar Felix Sutanto.

"Oceanman akan menjadi pengalaman baru Indonesia. Saya optimistis kami akan memberikan warna baru dalam perlombaan kelas dunia ini. Peserta dari mancanegara yang konsisten mengikuti ajang ini juga akan memiliki pandangan baru mengenai negara kita," sambung Albert Sutanto.

Oceanman 2020 terdiri dari lima kategori serta tujuh nomor, antara lain junior (16-19 tahun), Master 20-29 (20-29 tahun), Master 30-39, Master 40-49, Master 50-59, Master +60, dan Inspiration (peserta disabilitas dengan tingkat lebih dari 33 persen).

Oceanman juga menyediakan kategori Oceankids, yang bisa diikuti anak-anak berusia 7-14 tahun. Ada juga kategori tim dengan perenang berusia mulai dari 12 tahun. 

Peserta Oceanman akan memulai perlombaan dari fase kualifikasi dan mendapat bimbingan dari pelatih bersertikasi internasional. Nantinya, lima pemenang Oceanman dari setiap negara berkesempatan tampil pada world final. 

"Oceanman ini bukan hanya soal kompetisi, tetapi juga kegembiraan dan solidaritas. Ajang ini terbuka bagi semua orang. Saya berharap, publik Indonesia ambil bagian dalam ajang ini," pungkas Felix Sutanto.

Penyelenggaraan Oceanman Indonesia 2020 akan didukung sepenuhnya oleh Roro Jonggrang Sport Event Organizer. Meski ajang ini baru akan digelar pada April mendatang, sejumlah persiapan sudah mereka lakukan.