Eduardo da Silva

Dua Negeri, Satu Hati

Kamis, 12 Juni 2014 15:18 WIB
Penulis: Yusuf Abdillah | Editor:
 Copyright:

Jika Eduardo da Silva menjadi starter pada laga Kroasia melawan Brasil dini hari nanti, muncul pertanyaan menarik, lagu kebangsaan apa yang akan dia nyanyikan? Ada kemungkinan Eduardo menyanyikan kedua laga kebangsaan.

Tak ada yang menyalahkan jika Silva memilih menyanyikan lagu kebangsaan Kroasia dan Brasil. Pemain yang lahir di kawasan kumuh Rio de Janeiro punya alasan kuat. 

Sebagai pemain dan pribadi, Eduardo sudah menempuh perjalanan panjang dari lahir di Brasil hingga bisa memperkuat Kroasia di Piala Dunia yang digelar di tempat kelahirannya.

Bersama tim nasional Kroasia, Eduardo termasuk penyerang andalan dengan koleksi 29 gol. Kemasan gol Eduardo hanya kalah banyak oleh legenda hidup Kroasia, Davor Suker. Akan menarik ditunggu kiprah Silva mencoba menggedor pertahanan Brasil.

Bakal tampilnya Eduardo pada laga melawan Brasil tentu saja menarik perhatian warga Vila Kennedy, tempat Silva dibesarkan. “Di sini semua keluarga mendukung Eduardo da Silva,” ujar Joelma da Silva, ibunda Eduardo. “Namun, usai laga pertama, kami semua mendukung Brasil.”

“Saya mendukungnya. Saya mengerti ini sangat penting buat dia. Tapi saya juga akan mendukung Brasil. Ini Eduardo melawan Brasil,” sang bunda melanjutkan.

Sang bunda kemudian mengisahkan masa kecil buah hatinya. “Dia selalu bermain bola. Dia selalu mampir ke lapangan sepulang sekolah. Begitulah dia menghabiskan waktu saat di Brasil.” 

Bagi sang kakak, Bruno, laga Kroasia melawan Brasil juga menghadirkan dilema. “Bisa membela sebuah negara di Piala Dunia adalah puncak karier pemain. Sayangnya, puncak kariernya bukan untuk Brasil, tapi untuk negara lain. Dia seorang Kroasia kala bekerja, tapi dalam hatinya dia seorang Brasil.” 

Silva muda kemudian hijrah ke Kroasia untuk bergabung dengan tim muda Dinamo Zagreb pada 1999. Talentanya terpantau oleh pemandu bakat Dinamo. Sekitar tiga tahun kemudian, Silva mendapat kewarganegaraan Kroasia. Silva memilih memperkuat tim nasional Kroasia dan melakoni debut pada 2004. 

Eduardo Alves da Silva
Lahir: Rio de Janeiro, 25 Februari 1983 
Posisi: Penyerang
Karier
2001-2007 Dinamo Zagreb 108 laga (73 gol)
2001 Croatia Sesvete (loan) 5 (2)
2003 Inter Zapresic (loan) 15 (10)
2007-2010 Arsenal 41 (7)
2010- Shakhtar Donetsk 81 (24)