Piala Dunia Brasil 2014

Ribuan Fans Sambut Timnas Jerman di Berlin

Selasa, 15 Juli 2014 20:37 WIB
Penulis: Joko Sedayu | Editor: Daniel Sasongko
 Copyright:

Puluhan ribu fans berkumpul di Gerbang Brandenburg Berlin Selasa pagi waktu setempat, untuk menyambut pahlawan nasional yang baru saja menjuarai Piala Dunia Brasil 2014. Gelar ini adalah yang pertama kali sejak Jerman bersatu pada 1990.

Beberapa fans mengibarkan bendera hitam merah kuning yang menghiasi kerumunan fans yang datang ke Bandara Tegel. Aksi tersebut terjadi setelah beredar kabar bahwa penerbangan dari Rio de Janeiro membawa skuad asuhan Joachim Loew.

Para fans mulai banyak berkumpul di pusat kota Berlin sebelum fajar. Sementara fans yang datang ke Bandara Tegel, tetap semangat menunggu di bawah hangatnya terik matahari musim panas. Mereka dengan sabar menunggu pesawat dari maskapai Lufthansa tiba, dengan tulisan "Fanhansa" di badan pesawat.

"Ini adalah peristiwa bersejarah," kata sopir bus, Bernd Hesse (34), yang mengikuti semua pertandingan di Brasil melalui siaran radio ketika sedang berada di belakang kemudi.

Dia bilang penggemar Jerman telah menunggu 24 tahun untuk berpesta atas kemenangan di Piala Dunia. Itu adalah yang pertama sejak reunifikasi negara, di mana tiga kemenangan sebelumnya terpatri atas nama Jerman Barat. "Tidak setiap hari Anda bisa melihat sesuatu seperti ini terjadi," tegas Hesse.

Lydia Lampa, seorang eksekutif periklanan berusia 28 tahun, berhenti di bandara bersama temannya ketika sedang dalam perjalanan untuk bekerja.

Lampa mengenakan jersey Jerman dengan dengan hiasan empat bintang di atas logo Federasi Sepakbola Jerman (DFB), yang menandakan jumlah Piala Dunia yang telah dimenangi. Selain itu, dia juga mengenakan hiasan bunga berwarna hitam merah kuning di kepalanya.

"Ini adalah cara saya mengucapkan terima kasih. Semua pertandingan menarik dan saya ingin melihat pemain setidaknya sekali dalam hidup saya. Saya punya perasaan yang baik dari awal turnamen," kata Lampa.

Setelah tiba di Bandara Tegel, Philipp Lahm dan kawan-kawan menuju Brandenburg Gate, sebuah simbol bersatunya negara Jerman setelah Perang Dingin pada 1990.