Takut Virus Ebola, Togo Tolak Main

Selasa, 12 Agustus 2014 04:28 WIB
Editor: Jhon Purba
 Copyright:

Sesuai jadwal partai pertama kualifikasi Piala Afrika, Togo akan bermain di kandang Guinea pada 5 September 2014. Ketakutan Togo sangat berasalan karena Guinea termasuk salah satu negara di Afrika yang dilanda ebola.

“Kami takut dengan situasi yang terjadi di kawasan itu,” demikian rilis resmi Federasi Sepakbola Togo. Federasi Sepakbola Togo bersikeras akan mematuhi larangan pemerintah berangkat ke Guinea.

Ketakutan Federasi Sepakbola Togo sangat berasalan. Sejak mewabah di Afrika, virus ebola yang telah menewaskan lebih dari 300 orang di Guinea.

Penolakan Togo bukan yang pertama kali. Sebelumnya Sierra Leone pasti tidak akan menggelar partai kandang hingga waktu yang belum ditentukan karena virus ebola.

Sedang Liberia menghentikan semua kegiatan sepakbola untuk mengatasi penyebaran virus ebola. Maskapai Asky yang melayani penerbangan di wilayah barat dan tengah Afrika telah menghentikan penerbangan ke Ibukota Liberia dan Sierra Leone.

Wabah pertama kali dilaporkan di Guinea pada bulan Februari. Kemudian menyebar ke Liberia dan Sierra Leone. Ebola telah menewaskan hampir 1.000 orang di kawasan Afrika barat mulai dari Guinea hingga Sierra Leone, Liberia dan Nigeria.

2