Maitimo Yakin Sepakbola Indonesia Sukses

Rabu, 1 Oktober 2014 18:17 WIB
Penulis: Niken Purnamasari | Editor: Joko Sedayu
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain naturalisasi tim nasional Indonesia, Raphael Maitimo, percaya sepakbola Tanah Air akan maju jika didukung dengan pembinaan pemain muda secara matang. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain naturalisasi tim nasional Indonesia, Raphael Maitimo, percaya sepakbola Tanah Air akan maju jika didukung dengan pembinaan pemain muda secara matang.

Saat ditemui INDOSPORT di kawasan Senayan, Jakarta, pesepakbola naturalisasi asal Belanda tersebut mengungkapkan bahwa Indonesia sebenarnya memiliki pesepakbola usia muda yang bertalenta. Hanya saja sistem pembinaan belum dilaksanakan dengan baik di Indonesia.

"Indonesia sangat jauh berbeda dengan negara-negara di Eropa dalam hal pembinaan pesepakbola muda, khususnya di Belanda di mana saya pernah bermain dulu. Ada liga amatir dan liga profesional serta menjamurnya sekolah sepakbola di sana," ujar Raphael.

Kendati demikian, pemain yang pernah bermain satu tim dengan Robin van Persie di Feyenoord tersebut optimistis bahwa pesepakbola bertalenta di Indonesia tidak akan habis. Apalagi menurutnya, Indonesia adalah negara yang besar.

"Saya optmistis bahwa Indonesia memiliki banyak pesepakbola muda yang bertalenta. Indonesia adalah negara besar dan dukungan masyarakat terhadap sepakbola juga sangat tinggi. Saya percaya sepakbola Indonesia akan lebih maju di masa depan," tutup anggota tim nasional Indonesia itu.