Piala Dunia Wanita 2015

Wanita Gugat FIFA soal Rumput Sintetis

Jumat, 3 Oktober 2014 10:49 WIB
Editor: Jhon Purba
 Copyright:

Piala Dunia Wanita 2015 akan berlangsung di Kanada sepanjang 6 Juni sampai 5 Juli 2015. 24 negara dari 6 konfederasi akan bertarung di 6 stadion di Kanada.

“Kami berhak mendapat perlakuan yang sama dengan pemain sepakbola pria di Piala Dunia," kata Hompton Dellinger selaku pengacara para pesepakbola wanita tersebut.

Sekelompok pemain wanita ini meyakini pemakaian rumput sintetis, selain dianggap bentuk diskriminasi terhadap sepakbola wanita, juga berpotensi membuat cedera pemain.

“Jika Piala Dunia pria tidak pernah menggunakan rumput sintetis, kenapa kami harus menggunakannya? Ini sama sekali tidak adil,” kecam Abby Wambach dari Amerika Serikat. "

FIFA belum menggubris tuntutan tersebut. Ketua Kompetisi Sepakbola Wanita FIFA Tatjana Haenni mengatakan pihaknya tidak memiliki alternatif lain selain penggunaan rumput sintetis, “Tidak ada plan B.”

Piala Dunia Wanita 2015 akan dicatat sebagai Piala Dunia kaum hawa untuk edisi ketujuh. Edisi keenam Piala Dunia Wanita berlangsung di Jerman, 26 Juni-17 Juli 2011. Jepang menjadi juara dunia untuk pertama kali usai mengalahkan Amerika Serikat lewat adu tendangan penalti.

1