Wakil Ketua PSSI: Menpora Salah Langkah

Rabu, 17 Desember 2014 22:48 WIB
Editor: Jhon Purba
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
La Nyalla Mattalitti. Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
La Nyalla Mattalitti.

Tim sembilan yang dibentuk oleh kemenpora ditugaskan untuk mengawasi kinerja Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menyusul beberapa kegagalan dan masalah yang terjadi di PSSI.

“Apanya yang mau diawasi. Yang awasi kita itu stakeholder PSSI, bukan Menpora. Menpora sudah salah langkah," kata La Nyalla di Senayan, Jakarta.

Kemenpora di bawah Imam Nahrawi saat ini mulai membentuk Tim Sembilan yang nantinya akan memberikan pengawasan kepada kinerja PSSI yang saat ini mendapatkan sorotan masyarakat karena masalah prestasi.

Tim ini rencananya akan diisi oleh pengamat olahraga, wartawan dan tokoh masyarakat. Hingga kini Kemenpora belum mengumumkan secara resmi nama-nama orang yang diharapkan membantu menyelesaikan permasalahan sepak bola Indonesia.

"Sepakbola sudah bagus. Harusnya dia urusi cabang lain, seperti bulutangkis, berkuda dan yang sedang down-down itu," ujar La Nyalla.

La Nyalla yang juga menjabat Ketua Badan Tim Nasional (BTN) menambahkan pihaknya juga meminta kepada Kemenpora untuk tidak menanggapi desakan dari beberapa suporter yang menginginkan untuk membekukan PSSI di bawah kepemimpinan Djohar Arifin Husin.

Seruan pembekuan PSSI mencuat seiring dengan gagalnya timnas dari semua level pada beberapa kejuaraan yang diikuti. Timnas Indonesia U-19 gagal ke Piala Dunia U-20 dan senior gagal total di Piala AFF 2014.

Selain itu, kasus sepakbola gajah yang melibatkan PSS Sleman dan PSIS Semarang juga menjadi sorotan karena diduga ada mafia yang berada di balik kasus tersebut. Pelaku di lapangan mulai pemain, pelatih, ofisial hingga perangkat pertandingan mendapat sanksi tegas dari Komisi Disiplin PSSI, namun aktor utama di luar lapangan masih dalam penyelidikan.