Struktur Wajah Bisa Prediksi Bakat Pesepakbola

Jumat, 13 Februari 2015 13:41 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/GETTY IMAGES
 Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/GETTY IMAGES

Berdasar penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Universitas Colorado Boulder wajah pesepakbola dapat memprediksi apakah ia mampu mencetak gol, cetak assist atau melakukan pelanggaran dalam satu pertandingan. 

Para ilmuwan ini mempelajari rasio wajah dari tingkat kelebaran dari sekitar 1000 wajah pemain dari 32 negara yang berlaga pada Piala Dunia.

Hasilnya yang dipublikasikan dalam Jurnal berjudul Perilaku Adaptif dan Fisiologi Manusia menunjukan bahwa gelandang yang bermain menyerang dan bertahan dengan tingkat lebar wajah (FHWR) yang lebih tinggi mungkin akan sering melakukan pelanggaran. Joey Barton mungkin salah satu contohnya. 

Sedangkan pemain yang memiliki lebar wajah yang lebih pendek akan sering mencetak gol. Wajah Wayne Rooney bisa jadi contohnya. "Penelitian sebelumnya dilakukan ke atlet terutama yang berasal dari Amerika Serikat dan Kanada," kata Prof Keith Walker seperti dilansir sciencedaily.com

FHWR ialah jarak antara tulang pipi dibagi dengan jarak antara pertengahan alis dan bibir atas. Studi terdahulu pernah menyebutkan FHWR yang lebih tinggi dikaitkan dengan perilaku yang lebih agresif. 

1