Komunitas

Mana Lebih Baik? Oliver Kahn atau Manuel Neuer

Senin, 23 Maret 2015 11:41 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Aditiyo Wirawan
 Copyright:

Jika di Spanyol ada klub Barcelona yang kerap memunculkan pemain asli Spanyol berlabel bintang, maka di Jerman tak dapat dipungkiri, klub Bayern Muenchen-lah yang dapat mendatangkan dan menjadikan pemain asli Jerman yang berbakat.

Bagi seluruh pencinta sepakbola dunia, khususnya pendukung klub Bayern Muenchen, tentunya sudah tidak asing lagi dengan mantan bintang mereka yang kini sudah menjadi legenda, yakni kiper Oliver Kahn.

Ya, pemain asli kelahiran Jerman ini mampu mengangkat kejayaan klub berjuluk FC Hollywood tersebut pada masa keemasannya. Saat membela Karlsruher SC, nama Kahn memang sudah dikenal. Namun, dia meraih prestasi tertinggi dan mencapai puncak kejayaannya bersama Bayern.

Setelah Kahn pensiun, kini Muenchen memiliki kiper lainnya yang  juga telah diakui sebagai kiper terbaik di dunia, yakni Manuel Neuer. Pemain ini aslinya memang didikan FC Schalke 04. Dia didatangkan Bayern saat masih seperti permata mentah, berharga tapi belum berkilau. Namun, Bayern mampu mengasahnya hingga menjadi permata yang berkilau. Neuer bahkan disebut-sebut sebagai salah satu kiper terbaik di dunia.

Pertanyaannya adalah, jika keduanya dibandingkan.siapakah diantara mereka yang lebih baik?

Dua komunitas yang mendukung Muenchen di Indonesia, yakni FC Bayern Fan Indonesia (FCBFI) dan Strassenjungen Bayern Indonesia (SBI), memiliki pendapat yang sedikit berbeda terkait pemain yang diandalkan oleh klub dan timnas Jerman tersebut.

"Menurut saya, Manuel Neuer lebih tenang saat menjaga bola. Tangannya sangat lengket saat menangkap tendangan keras dari lawan. Contohnya adalah saat dia menahan tendangan keras dari (Karim) Benzema dengan satu tangan," ujar Joe Ricardo, Dewan Kehormatan Strassenjungen Bayern Indonesia, saat ditemui INDOSPORT, di Hanggar Futsal.

"Salah satu kelebihan Neuer adalah dirinya mampu menjadi sweeper. Karena memang, saat mengawali karirnya, Neuer itu bukanlah seorang kiper," sambungnya. 

"Sebenarnya Neuer sama bagusnya dengan Oli (Kahn), tapi bedanya adalah Oli itu bermain lebih keras dan gaya bermain dia lebih temperamen. Positifnya adalah Kahn memiliki jiwa pemimpin yang tinggi, sementara Neuer masih belum. Mungkin karena dia (Neuer) masih muda, jadi tertutup dengan Lahm dan Schweinsteiger," tutupnya.

Berbeda dengan Joe Ricardo, menurut Gustami Aji, selaku Koordinator Divisi Futsal FCBFI, dirinya lebih mendukung sang legenda Oliver Kahn. Meski diakuinya, Manuel Neuer juga sama bagusnya.

"Kalau saya dari dulu memegang teguh untuk mendukung Oliver Kahn. Manuel Neuer juga bagus, cara bermainnnya sama dan keduanya memiliki insting yang tajam saat menahan bola, tapi untuk menjadi Oliver Kahn, Neuer masih butuh banyak belajar lagi," tandas Gustami Aji.

Well, baik Oliver Kahn maupun Manuel Neuer telah diakui sebagai salah satu kiper terbaik dunia. Kepiawaiannya saat menahan tendangan dari lawan sudah tidak diragukan lagi. Bagaimana menurut anda?

3