SEA Games 2015

(VIDEO) Indonesia 2 - 0 Filipina: Fantastis Garuda Muda

Selasa, 9 Juni 2015 21:22 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Evan Dimas pada saat selebrasi setelah U-19 mengalahkan Korsel pada penyisihan Grup G Piala AFC U-19 di SUGBK, Jakarta Sabtu (12/10/2013). Copyright: © Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Evan Dimas pada saat selebrasi setelah U-19 mengalahkan Korsel pada penyisihan Grup G Piala AFC U-19 di SUGBK, Jakarta Sabtu (12/10/2013).

Peluang Indonesia untuk lolos ke babak semifinal SEA Games 2015 terbuka lebar usai meraih kemenangan atas Filipina, dua gol tanpa balas. Dengan mengoleksi enam poin dari tiga kali laga, Indonesia besutan Aji Santoso ini hanya butuh hasil seri di pertandingan terakhir melawan tim tuan rumah, Singapura. Pasalnya selisih gol Indonesia lebih baik dibanding Singapura. 

Sesaat peluit babak pertama ditiup wasit, Filipina langsung menekan lini belakang Indonesia. Namun displinnya lini belakang Indonesia membuat Filipina kesulitan. Di Menit ke 3, kapten Evan Dimas terima sodoran bola dari sisi kiri pertahanan Filipina. Dengan tenang, eks kapten Indonesia U-19 itu mengontrol bola melewati dua pemain belakang Filipina dan lepaskan sontekan yang tak mampu dihalau kiper Filipina. Garuda Muda unggul 1-0 atas Filipina. 

Memasuki pertengahan babak pertama tepatnya pada menit ke 18, akselerasi Adam Alis sulit dicegah barisan belakang Filipina namun sayang sepakan Adam Alis dari luar kotak penalti masih terlalu tinggi diatas mistar gawang Filipina. 

Permainan Evan Dimas dan kolega sangat sabar dan bola mengalir dari kaki ke kaki pemain U-23. Filipina tampak sangat kesulitan untuk meladeni permainan Indonesia. Menit ke 13, kembali permainan satu dua timnas sukses membobol gawang Filipina. 

Berawal dari akselarasi Paulo Sitanggang dari sisi kanan, ia kirimkan umpan terobosan ke jantung pertahanan Filipina yang langsung disepak oleh Evan Dimas.Gol, Evan Dimas borong dua gol Indonesia ke gawang Filipina. Sebuah gol lewat proses set up yang baik.

Memasuki babak kedua, Indonesia tidak mengendurkan serangan meski sudah unggul dua gol di babak pertama. Beberapa kali kombinasi Evan Dimas, Zulfiandi, Paolo serta Muchlis Hadi membuat repot lini belakang Filipina. 

Di menit ke 61, Aji Santoso mengganti Evan Dimas dengan Wawan Febriyanto untuk menambah lini gedor Indonesia. Menit ke 63, berawal dari tendangan bebas Wawan, bola berhasil disepak Zulfiandi. Namun sepakan keras dari Zulfiandi masih jauh dari atas mistar gawang Filipina. 

Jual beli serangan sempat terjadi antar kedua tim. Namun penyelesaian akhir yang terlalu terburu-buru dan bernafsu membuat kedua tim tidak mampu ceploskan gol di babak kedua. Hingga wasit meniup peluit panjang tidak ada lagi gol tercipta. Tiga poin membuat poin Indonesia menjadi enam, hasil tiga pertandingan dengan dua kali menang dan satu kali kalah. 

Susunan Pemain Indonesia vs Filipina: 

Indonesia (4-2-3-1): Teguh Amiruddin, Agung, Manahati Lestusen, Syaiful Indra Cahya, Abduh Lestaluhu, Zulfiandi, Paolo Sitanggang, Adam Alis, Evan Dimas, Nufiandani, Muchlis Hadi 

Filipina (4-4-2): Villanueva, Besana, Dorimon, Mariano, Santos, Arnita, Daniel Gadia, Uzoka, Dominci, Valmayor, Alquiro

8