GOR Soemantri, Dikuasai Bakrie Hingga Disinggahi Luis Suarez

Minggu, 13 Maret 2016 20:20 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Charles Emanuel Dominggus
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kondisi Lapangan Sepakbola GOR Soemantri dari jarak jauh. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kondisi Lapangan Sepakbola GOR Soemantri dari jarak jauh.

Tak banyak yang tahu jika GOR yang terletak di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, tersebut ternyata tak lagi menjadi tanggungan Pemerintah Daerah DKi Jakarta. Sejak tahun 90-an, GOR Soemantri telah dikontrak grup perusahaan Bakrie hingga saat ini, dan puluhan tahun ke depan.


GOR Seomantri yang tengah direnovasi.

“Untuk kepemilikan, GOR Soemantri ini milik Pemda DKI Jakarta, yang dikelola oleh Dinas Olahraga, pada dasarnya ini diperuntukkan untk mahasiswa pada masa kepemipinan Gubernur Ali Sadikin, namun mahasiswa tak bisa mengelola akhirnya diserahkan kepada  Pemada DKI, lalu dikontrak oleh Bakrie,” ujar Imam, Supervisor GOR Soemantri Brodjonegoro kepada INDOSPORT.

Hal tersebut membuat seisi Gelanggang Olahraga menjadi hak milik Bakrie. Seluruh biaya renovasi pun menjadi tanggungan mereka, meski menurut Imam GOR Soemantri tak terlalu memberi pemasukan untuk jaringan perusahaan tersebut.

“Seluruh isi GOR dikontrak Bakrie, hingga pusat perbelanjaan (Plaza Festival), seluruh biaya renovasi pun menjadi tanggungan mereka, dikontrak kurang lebih selama 48 tahun, sejak tahun 90-an lalu,” tambah Imam.

Sepanjang berdiri, GOR Somantri tercatat telah menjadi saksi bisu penyelenggaraaan berbagai event pertandingan mulai dari tingkat mahasiswa hingga internasional. Beberapa bintang sepak bola duni bahkan pernah menyinggahi stadion sepakbola Gor Soemantri.


Suarez bersama Uruguay pernah bermain di GOR Soemantri.

“Timnas Indonesia, Uruguay, Arab Saudi, Bayern Munchen, Luis USarez dan Oliver Kahn pernah bermain di sini. Meskipun jika dibandingkan dengan Senayan dan Lebak Bulus, fasilitasnya tak bisa dibandingkan,” tambah Imam. 

228