Barcelona Akan Ubah Nou Camp Jadi Stadion Johan Cruyff?

Senin, 28 Maret 2016 19:52 WIB
Editor: Fandy Hutari
 Copyright:

Fans Barcelona sendiri menginginkan untuk mengganti nama Nou Camp menjadi nama legenda Belanda yang pernah jadi pemain dan pelatih di Barcelona itu. Seperti dilansir dari Daily Mail, dari jajak pendapat secara online, sebagian besar fans menginginkan Nou Camp diubah namanya menjadi Stadion Johan Cruyff.

Ada pula saran lain, seperti mendirikan patung di pintu masuk Nou Camp, memensiunkan nomornya yang terkenal nomor 14, meneriakan namanya di menit 14 setiap pertandingan. Namun, rasanya itu tidak akan terjadi.

Pihak Barcelona merasa perlu memberi penghormatan untuk Cruyff. Presiden klub Josep Maria Bartomeu akan bertemu dengan keluarga Cruyff, untuk mendiskusikan rencana ini. Anak Cruyff, Jordi, yang bermain untuk Barca dan belanda, bertemu dengan wakil presiden klub Jordi Cardoner untuk membicarakan hal ini.

Keputusan ini akan diputuskan dalam waktu dekat. Keputusan mengganti nama Nou Camp menjadi Stadion Johan Cruyff merupakan salah satu opsi yang paling mungkin dilakukan untuk menghormati segala jasa Cruyff bagi Barcelona.

Barcelona sendiri dalam waktu dekat akan melakukan renovasi besar-besaran Stadion Nou Camp. Ketika rencana itu dikemukakan, petinggi Barcelona sendiri belum menentukan nama stadion secara spesifik.
 
Cruyff meninggal karena kanker paru-paru di usia 68 tahun, hari Kamis lalu. Sebagai pemain, ia mengantarkan Barca menjuarai La Liga pada 1974 dan Copa del Rey pada 1978. Sebagai pelatih, ia memberi Barca 4 gelar La Liga, 3 kali Piala Super Spanyol, Copa del Rey, Piala Eropa, Piala Super Eropa, dan Piala Winners.

Ia adalah pelatih tersukses di Barcelona dengan 11 gelar. Tapi, setelah itu, ia kalah dari mantan muridnya, Pep Guardiola dengan 15 gelar. Di Barca, ia juga mewariskan total football, yang kemudian menjadi permainan tiki-taka ala Barca.

18