(FOTO) Prancis Sebar Penembak Jitu di Laga Prancis vs Rusia

Rabu, 30 Maret 2016 17:56 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Laga persahabatan yang mempertemukan antara Prancis kontra Rusia di stadion Stade de France memang tampak sangat berbeda dengan adanya pengamanan ekstra ketat yang dipersiapkan untuk mengawal laga tersebut.

Ini merupakan pertama kalinya, Prancis memberlakukan pengamanan ekstra untuk sebuah laga persahabatan, sebagai bentuk antisipasi terhadap terulangnya serangan teroris yang menewaskan 130 orang pada 13 November 2015 lalu.


Pengamanan laga melibatkan agen keamanan swasta dan ratusan kepolisian.

Keamanan ekstra dinilai semakin dibutuhkan menyusul tragedi bom yang memakan 32 orang korban jiwa di Brussel, Belgia beberapa hari jelang laga dimulai.

Pemerintah Prancis akhirnya memutuskan untuk memberikan pengamanan ekstra ketat dengan melibatkan 1.200 agen keamanan swasta dan 575 polisi.


Regu penembak jitu di sebar di sekitar stadion.

"Beberapa 1.200 agen dari perusahaan keamanan swasta dan 575 polisi dan petugas gendarmerie di sini," kata Menteri Dalam Negeri Prancis, Bernard Cazeneuve kepada wartawan seperti dikutip Daily Mail.

Cavaneuve juga menugaskan regu penjinak bom untuk memeriksa secara detil mobil-mobil yang terparkir di tempat parkir bawah tanah dan tempat parkir VIP.


Regu keamanan khusus juga ikut diturunkan untuk mengawal laga. 

Sementara pihak keamanan swasta yang dilibatkan dalam pengamanan ekstra itu bertugas untuk memastikan seluruh barang bawaan penonton bersih dari senjata berbahaya dengan melakukan pemindaian menyeluruh sebelum memasuki stadion.

Pemeriksaan ketat dan pemindaian dengan menggunakan alat detektor khusus diberlakukan untuk seluruh penonton di 18 titik masuk stadion.


Pemindaian dengan menggunakan alat detektor khusus dilakukan pada setiap mobil yang masuk.

"Kami juga telah mengerahkan unit RAID (pasukan khusus)," kata Cazeneuve.

Bentuk pengamanan yang sama juga diberlakukan pihak pemerintah Prancis untuk 3 pertandingan Six Nations Rugby yang digelar pada waktu yang hampir bersamaan.


Kedua tim yang saling berlaga dikawal ketat menuju stadion.

Prancis sendiri akan menjadi tuan rumah Piala Eropa 2016 yang akan mulai digelar pada tanggal 10 Juli 2016 mendatang, yang akan mempertandingkan 24 tim yang ikut ambil bagian.

Rencananya, turnamen bergengsi tersebut akan dipertandingkan di 10 stadion yang berbeda di Prancis.

91