Piala Dunia 2022

Dituduh Melanggar HAM, FIFA Bentuk Komisi Pengawas Pembangunan Piala Dunia Qatar

Jumat, 22 April 2016 22:17 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Sebuah organisasi hak asasi manusia melaporkan bahwa sebagaian besar pekerja yang menyiapkan penyelenggaran Piala Dunia 2022 di Qatar, bekerja dengan kondisi memprihatinkan.

Laporan ini membuat sejumlah stackholder untuk segera melakukan tindakan. FIFA langsung bergerak cepat dengan melakukan kunjungan ke beberapa venue Piala Dunia di Qatar.


Isu kesejahteraan buruh menjadi topik hangat pembangunan jelang Piala Dunia 2022 Qatar.

Bahkan Gianni Infantino turun langsung mengecek kondisi pembangunan yang tengah berlangsung. Presiden FIFA ini juga menemui pemerintah Qatar guna membicarakan perbaikan kesejahteraan para buruh.

"Seminggu terakhir saya hampir selalu berdiskusi soal FIFA dan hak asasi manusia, khususnya seputar penyelenggaran Piala Dunia 2022 di Qatar," kata Infantino seperti dikutip dari The Guardian.


Presiden FIFA Gianni Infantino akan bentuk komisi pengawas pembangunan Piala Dunia 2022.

FIFA juga akan membuat sebuah komisi khusus yang akan mengawasi kondisi pembangunan termasuk para pekerja. Komisi pengawas ini akan melaporkan temuan mereka secara meluas kepada publik.

"Kami mengambil tanggung jawab ini secara serius dan akan berusaha melakukan peran kami," ujar Infantino.

Tidak hanya mengawasi, tapi komisi pengawas ini akan melaporkan serta memberikan rekomendasi. Hal ini guna kemajuan dan transparansi soal masalah pembangunan jelang penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

90