'Starting Eleven' Persija Jakarta Terbaik Sepanjang Masa

Senin, 2 Mei 2016 16:17 WIB
Penulis: Fandy Hutari | Editor: Irfan Fikri
 Copyright:

Persija didirikan pada 28 November 1928. Awalnya, tim ini bernama Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ) di era penjajahan Belanda. Itu artinya Persija sudah 88 tahun menjadi bagian penting sepakboa Tanah Air.

Berdirinya klub kebanggaan Jakmania ini penuh dengan semangat perjuangan negeri ini lepas dari kungkungan penjajah, karena sebulan sebelum berdiri para pemuda Indonesia deklarasikan Sumpah Pemuda yang menjadi tonggak penting dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Jika dirunut, Persija sudah menjadi raja di era Perserikatan tim berkostum kebanggaan oranye ini sudah memenangkan gelar era Perserikatan sebanyak 9 kali. Ketika memasuki era Liga Indonesia, pada 2001 Persija memenangkan gelar. 

Hilir mudik sejumlah bintang masuk dalam tim yang memiki kostum kebanggaan berwarna oranye tersebut. Tentu bukan perkara mudah untuk menentukan 11 pemain terbaik sepanjang masa untuk tim yang berbasis di Ibukota 

Menggunakan formasi 4-3-3, dengan segala subjektivitas, INDOSPORT mencoba mengulas susunan pelatih dan pemain yang memperkuat Persija sepanjang masa: 

572