Euro 2016

Tom Heaton, Kiper Kasta Kedua Masuk Skuat Inggris di Euro 2016

Senin, 16 Mei 2016 18:28 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Skuat tim nasional Inggris bayangan untuk Euro 2016 Prancis baru saja diumumkan. Melalui akun Twitter resmi tim, Inggris mengumumkan 26 nama pemain yang akan tampil membela The Three Lions di bawa asuhan Roy Hodgson.

Ada sejumlah nama yang mengejutkan di skuat utama Inggris tersebut seperti Marcus Rashford, pemain muda yang tampil menjanjikan bersama Manchester United musim ini. Lalu, ada juga sejumlah pemain yang bersinar bersama klub musim ini seperti Jamie Vardy, Delle Ali dan Danny Drinkwater.

Untuk posisi kiper, menariknya ada satu nama yang menyita perhatian yakni Tom Heaton. Kiper Burnley FC ini dipercaya Roy Hodgson untuk menjadi salah satu kiper utama Inggris bersama dua kiper utama lainnya, Joe Hart dan Fraster Forster.


Tom Heaton saat memperkuat tim nasional Inggris U-21

Heaton sendiri sebenarnya belum pernah memperkuat timnas senior Inggris di sepanjang kariernya. Terakhir, Heaton hanya masuk dalam skuat timnas Inggris U-21 pada 2008/09 dan hanya membuat 3 caps.

Masuknya Heaton dalam skuat utama Inggris untuk Euro 2016 Prancis ini tentu mengejutkan banyak pihak. Selain usianya sudah 30 tahun, Heaton juga bermain di klub kasta kedua, Divisi Championship musim lalu bersama Burnley FC. Beruntungnya, Burnley tampil sebagai juara musim ini dan berhak promosi ke Liga Primer Inggris musim depan.

Heaton berhasil menyingkirkan nama-nama lain seperti kiper muda, Jack Butland dan Robert Green. Musim ini, mantan kiper Manchester United ini berhasil tampil mengesankan bersama Burnley dengan mengukir 20 clean sheet.


Tom Heaton melakukan selebrasi bersama rekan setimnya di Burnley FC di pentas Divisi Championship

Heaton akan bergabung bersama skuat Inggris di St Georges 'Park pada hari Rabu (18/05/16) besok jelang pertandingan persahabatan melawan Turki di Stadion Etihad, Manchester, 5 hari kemudian. Kemudian Inggris akan melawan Australia di Sunderland dan Portugal di Wembley sebelum menuju Perancis.

Namun, nama-nama yang diumumkan sekarang bukanlah skuat final. Pelatih Inggris, Hodgson masih memiliki waktu hingga 31 Mei mendatang untuk merombak skuat dan membuang sejumlah nama jika tak dibutuhkan.

Heaton memulai kariernya bersama United sejak usia 11 tahun. Pemain kelahiran Chester, Inggris ini akhirnya dipinjamkan ke 6 klub berbeda selama waktunya di Old Trafford sebelum pindah ke Cardiff City pada 2010 lalu ke Bristol City.

495