Euro 2016

Pimpin Laga Inggris vs Rusia, Ini 'Borok' Wasit Kontroversial Rizzoli

Kamis, 9 Juni 2016 15:56 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Wasit asal Italia, Nicola Rizzoli ditunjuk sebagai pemimpin pada pertandingan besar antara Inggris melawan Rusia di fase grup Euro 2016. Rekam jejak Rizzoli sebagai pengadil lapangan cukup baik. Sebelumnya, wasit Serie A Italia itu ditunjuk untuk memimpin laga final Piala Dunia 2014.

Namun, meski kerap dipercaya memimpin laga-laga besar, kredibilitas Rizzoli sejauh ini masih diragukan. Hal itu terkait aksi-aksinya yang kerap kontroversial saat memimpin laga di kompetisi sepanjang musim lalu.


Nicola Rizzoli saat memberikan kartu kuning kepada Javier Macherano di final Piala Dunia 2014 

Rizzoli memiliki catatan buruk musim lalu saat mengeluarkan total 10 kartu merah. Rizzoli juga akan terus diingat saat ia tak mengeluarkan kartu merah saat pemain PSV, Hector Moreno mematahkan kaki bek kiri Manchester United, Luke Shaw di pentas Liga Champions musim 2015/16.


Nicola Rizzoli saat memberikan kartu merah kepada gelandang Manchester United, Marouane Fellaini

Bagi wasit kepala UEFA, Pierluigi Collina, Rizzoli sebenarnya dikenal sebagai sosok pengadil yang dihormati. Selama 5 tahun terakhir di pentas Serie A, wasit berusia 44 tahun itu dianggap sebagai wasit yang ketat saat memimpin laga.

Sejak memulai kariernya di 2007, Rizzoli pernah memimpin laga final Liga Europa 2010 dan final Liga Champions 2013 yang mempertemukan Bayern Munich dengan Borussia Dortmund. Ia juga pernah memimpin laga timnas Inggris saat imbang 1-1 melawan Prancis di fase grup Euro 2012. 

92