Liga Primer Inggris

8 Fakta Menarik Jelang Derby Manchester

Sabtu, 10 September 2016 11:06 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Semua pecinta sepakbola dunia tengah menunggu berlangsungnya laga Derby Manchester edisi perdana musim 2016/17. Wajar saja, lantaran Derby Manchester edisi ke-165 menyajikan rivalitas panas mulai dari pemain hingga pelatih.

Derby Manchester kali ini merupakan pertemuan perdana Jose Mourinho selaku pelatih Man United dengan Pep Guardiola sebagai nahkoda Man City.

Lalu, ada delapan pemain dari kedua tim yang bakal merasakan panasnya Derby Manchester. Di kubu Man United ada Zlatan Ibrahimovic, Eric Bailly, Paul Pogba, dan Henrikh Mkhitaryan. Man City sendiri ada Leroy Sane, Ilkay Gundogan, Nolito, Claudio Bravo, dan John Stones.


Paul Pogba (kiri) dan Zlatan Ibrahimovic (kanan) bakal menjadi andalan Manchester United dalam Derby Manchester.

Tak hanya itu, Derby Manchester ini juga merupakan derbi termahal dunia. Total nilai transfer 22 pemain dari starter kedua tim mencapai 600 juta poundsterling atau setara Rp10,4 triliun.

Nilai tersebut mengalahkan total pemain starter El Clasico Barcelona kontra Real Madrid musim lalu, 562 juta poundsterling atau setara Rp9,833 triliun.


David Silva, Raheem Sterling, dan Nolito (dari kiri ke kanan) akan menjadi andalan Manchester City dalam Derby Manchester.

Selain itu, banyak fakta menarik lainnya jelang duel The Red Devils kontra The Citizen. Berikut 8 fakta menarik jelang Man United vs Man City yang telah disusun oleh INDOSPORT:

1. Derby Manchester kali ini merupakan edisi yang ke-165. Man United sudah mengoleksi 68 kemenangan. Sedangkan Man City baru meraih 46 kemenangan. Sementara 50 laga berakhir imbang.

2. Derby Manchester pernah berlangsung di lima tempat berbeda, yakni Old Trafford, Etihad Stadium, City of Manchester Stadium, Hyde Road, dan Bank Street Maine Road.

3. Manchester United merupakan pemenang Derby Manchester pertama. Kala itu, Man United yang masih bernama Newton Heath mengalahkan West Gorton (Man City) dengan skor 3-0 pada tahun 1881.

4. Owen Hargreaves menjadi satu-satunya pemain yang melakoni Derby Manchester di dua klub berbeda. Ia pernah membela Manchester United mulai musim 2007-2011. Lalu berseragam Man City musim 2011-2012.

5. Ryan Giggs menjadi pemain yang paling banyak tampil di Derby Manchester. pria asal Wales itu sudah tampil sebanyak 35 pertandingan.

6. Kemenangan sepanjang sejarah Derby Manchester tersaji kala Man City mempermalukan Man United 1-6 di Old Trafford, 21 Oktober 2011 lalu.

7. Wayne Rooney menjadi pencetak gol di Derby Manchester, dengan koleksi 11 gol.

8. Manchester City berhasil memenangi enam dari 8 laga Derby Manchester terakhir di Liga Primer Inggris.

523