Umbar Janji ke Piala Dunia, Calon Ketum PSSI Diminta Realistis

Selasa, 4 Oktober 2016 18:58 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Calon Ketua Umum PSSI, Moeldoko saat memberikan keterangan di acara debat hari ini. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Calon Ketua Umum PSSI, Moeldoko saat memberikan keterangan di acara debat hari ini.

Dalam Debat Calon Ketua Umum PSSI 2016-2020 yang berlangsung hari ini di kawasan Senayan, Jakarta, enam kandidat Ketum PSSI yang hadir masing-masing mengungkapkan keinginannya untuk mengubah sepakbola Indonesia ke arah yang lebih baik.

Tak tanggung-tanggung mereka bahkan berkeinginan dan mencanangkan agar Timnas Indonesia bisa berlaga di Piala Dunia. Akan tetapi apa yang menjadi niatan dan cita-cita para calon ketua umum tersebut dinilai terlalu naif.


Anton Sanjoyo (Tengah) menilai keinginan caketum PSSI untuk membawa Timnas ke Piala Dunia terlalu naif.

“Tidak usah terlalu ambisius, kita juara SEA Games dulu lah. Sudah lama kita belum juara dan anggkat trofi, di Piala AFF juga kita belum pernah. Jadi jangan terlalu tinggi, kita belum juara di mana-mana,” ujar Anton Sanjoyo, salah satu panelis dalam acara debat tersebut.

“Harapan saya nantinya sepakbola dibangun mulai dari usia dini. Tidak hanya di level tertinggi saja diperhatikan dan bahkan dijadikan panggung,” tegas pria yang juga merupakan pengamat olahraga dan wartawan senior itu.


Enam calon ketua umum PSSI saat mengikuti acara debat.

Pemilihan ketua umum PSSI sejatinya baru akan digelar 17 Oktober mendatang. Sebanyak delapan kandidat akan bersaing menjadi orang nomor satu di induk sepakbola Indonesia tersebut.

Sembilan nama yang sudah lolos verifikasi adalah Bernhard Limbong, Erwin Aksa, Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi, Eddy Rumpoko, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, Toni Apriliani, Sarman El Hakim, Djohar Arifin Husein, dan Kurniawan Dwi Yulianto.

49