Kongres Gagal Berlangsung di Makassar, PSSI Minta Maaf ke Gubernur Sulsel

Minggu, 16 Oktober 2016 04:15 WIB
Kontributor: Basri | Editor: Tengku Sufiyanto
© Muhammad Nur Basri/Indosport
Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Hinca Panjaitan (kiri) beserta pengurus PSSI. Copyright: © Muhammad Nur Basri/Indosport
Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Hinca Panjaitan (kiri) beserta pengurus PSSI.

Dalam pertemuan ini, Hinca Panjaitan menyampaikan permohonan maafnya pada Gubernur Sulawesi selatan, Syahrul Yasin Limpo, karena Kongres Pemilihan Ketum PSSI yang setidaknya digelar Kota Makassar, 17 Oktober 2016 batal terlaksana. Ini dikarenakan PSSI selaku anggota FIFA harus patuh pada induk sepakbola dunia tersebut.

"Beberapa waktu lalu kami datang meminta dukungan pada pemerintah provinsi (pemprov) Sulsel untuk sedianya didukung dalam melaksanakan Kongres PSSI pada 17 Oktober 2016. Namun kedatangan kami kali ini untuk meminta maaf kepada Gubernur Sulsesl, karena kongres tidak jadi dilaksanakan di Makassar, dan ditunda pada 10 November 2016 di Jakarta," kata Hinca. 

Hinca menambahkan, sebelumnya penunjukan Kota Makassar untuk menggelar Kongres Pemilihan Ketum PSSI, tidak lepas dari program pemerintah Republik Indonesia  yang ingin mengembangkan bagian timur Indonesia. Oleh karena itu, dipilihlah Kota Makassar sebagai tempat berlangsungnya Kongres Pemilihan Ketum PSSI, usai rapat komite eksekutif (Exco) pada bulan Agustus lalu.

"Dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Ancol, Jakarta  bulan Agustus  lalu , sejumlah voters mengusulkan Makassar. Usulan ini lalu dibawa rapat Komite Exco PSSI, dan ditunjuklah Makassar dengan dasar ingin menyukseskan program pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla memajukan bagian timur Indonesia," ungkap Hinca.


Pertemuan pengurus PSSI dengan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Syahrul Yasin Limpo.

Untuk ke depan, Hinca menuturkan, PSSI masih berharap bisa melaksanakan kegiatan berskala besar di Makassar.

"Biarlah Kongres kali ini batal dilangsungkan di Makassar, tapi kegiatan PSSI mendatang kita harap masih terus mendapat dukungan dari Pemprov Sulsel." ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hinca  menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia lokal yang selama ini bekerja keras menyukseskan pelaksanaan Kongres Pemilihan Ketum PSSI di Makassar. Untuk kerugian anggaran, PSSI pusat siap membantu.

"Terima kasih pada panitia lokal yang telah bekerja keras untuk menyukseskan Kongres di Makassar. Insyaallah mengenai kerugian anggaran akan kami bantu dari PSSI pusat," tutup Hinca.

Sesuai keputusan FIFA, Kongres Pemilihan Ketum PSSI bakal dilaksanakan di Jakarta, 10 November mendatang.

67