Naturalisasi dari Jerman, Skuat Garuda Wajib Waspadai Muller di Timnas Filipina

Kamis, 27 Oktober 2016 10:47 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Timnas Filipina memang belum merilis skuat resmi yang akan tampil di perhelatan Piala AFF 2016. Namun, para pemain yang kini diproyeksikan masuk Timnas Filipina wajib diwaspadai Timnas Indonesia.

Pasalnya, Filipina kemungkinan besar bakal mengikutsertakan sejumlah pemain naturalisasi atau pemain berdarah Eropa yang memiliki fisik lebih tinggi. Salah satu pemain yang diyakini bakal mengisi satu slot di skuat utama Filipina untuk Piala AFF 2016 adalah Roland Muller.

Muller sendiri merupakan salah satu kiper dari 3 kiper utama yang masuk dalam skuat utama Filipina dalam laga uji coba melawan Bahrain dan Korea Utara, 7 dan 10 Oktober 2016 kemarin.

Kiper kelahiran Koln, Jerman Barat tersebut diyakini bakal bisa menembus jajaran 3 kiper utama tim berjuluk Azkals tersebut. Apalagi, Muller muda punya pengalaman menimba ilmu di salah satu klub Bundesliga Jerman, FC Koln medio 1998-2007.


Kiper andalan Timnas Filipina, Roland Muller

Pemain berusia 28 tahun itu juga pernah memperkuat FC Koln II rentang tahun 2007-2010 yang lalu. Meski tumbuh di kultur sepakbola Jerman, Muller akhirnya memutuskan untuk membela Filipina, dimulai dari Timnas U-23 hingga Timnas Senior.

Bersama Timnas Senior Filipina, Muller menjalani debut pada 30 September 2011 kala dirinya berusia 23 tahun. Kini, pemain bertinggi badan 180 cm itu sudah mengantongi total 18 caps bersama Filipina.

Jika masuk ke skuat final Filipina nanti, Timnas Indonesia dirasa wajib mewaspadai Muller di bawah mistar gawang pada laga Piala AFF 2016 yang akan berlangsung 22 November 2016 mendatang di Philippine Sports Stadium, Bocaue.


Aksi Roland Muller saat memperkuat Timnas Filipina

Tak hanya Muller, Filipina juga diyakini bakal diperkuat dua pemain berdarah Inggris, Philip James Younghusband dan James Younghusband. Selain Indonesia, Filipina juga bakal menghadapi tim kuat Thailand dan Singapura di Grup A Piala AFF 2016.

700