Liga Primer Inggris

(VIDEO) 4 'Kebusukan' Mark Clattenburg yang Bikin Man United Tersiksa

Minggu, 30 Oktober 2016 07:44 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Manchester United tak bisa berbuat banyak saat tampil di hadapan pendukung sendiri kala menjamu Burnley di pekan ke-10. Tim asuhan Jose Mourinho gagal mencetak satu pun gol hingga akhirnya laga berakhir imbang 0-0.

United sebenarnya bisa saja menang dengan margin lebih dari 2 gol. Sayangnya, sejumlah pelanggaran yang dilakukan pemain Burnley terhadap pemain United hanya dianggap angin lalu oleh pengadil pertandingan, Mark Clattenburg.

Wasit berusia 41 tahun tersebut diduga sudah mengambil sejumlah keputusan kontroversial yang lebih banyak merugikan The Red Devils. Setidaknya ada total 4 keputusan tak masuk akal Clattenburg yang membuat United frustrasi dan gagal menang.


Ander Herrera terpeleset dan tak sengaja mengenai kaki pemain Burnley yang kemudian dianggap sebagai pelanggaran.

Yang pertama saat bek Burnley, Jon Flanagan menjatuhkan Matteo Darmian tepat di garis kotak penalti di menit akhir babak pertama. Meski Clattenburg tak mengambil keputusan, dalam tayangan ulang Flanagan tampak melakukan kontak dengan Darmain melalui kaki dan tangannya.

Keputusan kontroversial yang kedua adalah saat Clattenburg tak memutuskan handball saat bola hasil tendangan Paul Pogba, terlihat mengenai tangan bek Burnley, Michael Keane di menit ke-56. Kejadian itu terjadi di dalam kontak penalti Burnley.

Kesalahan Clattenburg yang ketiga adalah saat Darmian kembali dijatuhkan di dalam kotak terlarang oleh pemain Burnley, Ashley Barnes di menit ke-72. Kali ini, pelanggaran terlihat sangat jelas karena Barnes menerjang laju Darmian meski awalnya berniat menendang bola.

Sedangkan kesalahan terakhir yang dilakukan wasit kelahiran Inggris itu adalah saat mengusir gelandang United, Ander Herrera keluar lapangan di menit ke-68 dengan memberikan kartu kuning kedua.

Momen saat Ander Herrera mendapatkan kartu merah dari Mark Clattenburg

Herrera dirasa tak layak mendapatkan kartu kuning kedua mengingat pelanggaran yang ia lakukan tak sengaja. Dalam tayangan ulang, gelandang asal Spanyol itu jelas terlihat terpeleset hingga akhirnya terjatuh dan mengenai kaki pemain Burnley.

Sederet keputusan kontroversial dari Clattenburg tersebut tentu sangat merugikan tim asuhan Mourinho. Hasil imbang membuat Wayne Rooney dan kawan-kawan kini menghuni peringkat ke-8 klasemen sementara dengan catatan 15 poin dari 10 laga.

Berikut Cuplikan Video Dosa Mark Clattenburg:

2.9K