Indonesia dan 5 Negara ASEAN Diminta Gelar Piala Dunia 2034

Selasa, 1 November 2016 20:36 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Bersama dengan Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Filipina, Indonesia dikabarkan akan mengambil kesempatan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Menurut Footballchanel.asia hal ini diketahui dari sebuah dokumen Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Malaysia yang bocor ke publik.

Dokumen tersebut merupakan sebuah proposal untuk mengadakan studi kelayakan terhadap penyelenggaraan tersebut. Pihak Kemenpora Malaysia pun disinyalir telah melakukan komunikasi kepada Sekretariat Association of South East Asia Nation (ASEAN) untuk melakukan studi tersebut.


Indonesia dan 5 negara ASEAN diundang untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Proposal ini dibuat pada tahun 2014, saat berlangsungnya pertemuan tingkat tinggi ASEAN di Hanoi, Vietnam. Pada pertemuan tersebut juga dibahas kemungkinan ada 10 negara ASEAN yang akan menggelar Piala Dunia 2014.

Keenam negara ASEAN ini sebelumnya telah mendapat tawaran untuk ikut serta dalam undian tuan rumah Piala Dunia 2034 sebagai tuan rumah bersama. Jika tercapai, maka Piala Dunia 2034 akan menjadi kali ketiga bagi Asia menggelar Piala Dunia, setelah tahun 2002 (Jepang dan Korea Selatan) dan 2022 (Qatar).

1.2K