Alasan Mulia Budi Sudarsono Bangun SSB

Minggu, 20 November 2016 14:02 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Banyak kalangan mantan pesepakbola Indonesia memilih untuk melanjutkan aktifitasnya tidak jauh dari lapangan hijau. Ada yang menjadi pelatih, ada pula yang mendirikan Sekolah Sepakbola (SSB).

Untuk Budi Sudarsono, mantan pemain Timnas Indonesia tersebut lebih memilih mendirikan SSB usai tak lagi aktif sebagai pesepakbola profesional. SSB itu bernama Budi Sudarsono Football Academy.

"Lokasinya di Cinere, Depok. Saya terdorong untuk melahirkan anak-anak bakat pemain muda untuk Indonesia. Kelompok umurnya dari U-16 ke bawah. Saya sendiri yang mendirikannya," kata Budi kepada INDOSPORT.
 


Aksi Budi Sudarsono (kanan) ketika masih berseragam Timnas Indonesia.

Apa yang dilakukan Budi sudah dibangun para seniornya sebagai mantan pesepakbola profesional. Ada pelatih Sriwijaya FC, Widodo Cahyono Putro yang mendirikan SSB Wahana Citra Pesepakbola (WCP) di Gresik. Lalu ada Aji Santoso yang mendirikan SSB ASIFA.

Budi Sudarsono sendiri dikenal sebagai pespeakbola profesional dari tahun 1999-2003. Ia pernah membela sejumlah klub papan atas Tanah Air, dari Persib Bandung, Sriwijaya FC, Persik Kediri, dan Persija Jakarta.

Namanya makin terkenal kala mencetak gol indah untuk Indonesia saat menang 2-1 atas Bahrain, pada laga babak penyisihan Grup D Piala Asia 2007 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 10 Juli 2007 silam.