Kosin dan Suchao, Duo Thailand yang Dicintai Rakyat Indonesia

Senin, 12 Desember 2016 21:49 WIB
Editor: Dery Adhitya Putra
 Copyright:

Usai sukses menundukkan Vietnam di babak semifinal, Tim Nasional Indonesia akan berhadapan dengan juara bertahan Piala AFF, Thailand, di babak final. Timnas Thailand melaju ke babak final usai menyingkirkan Myanmar dengan agregat 6-0.

Berbicara soal Thailand, ternyata ada dua pemain asal Negeri Gajah Putih yang sempat menjadi pujaan rakyat Indonesia, khususnya para pendukung klub asal Jawa Barat, Persib Bandung. Kedua pemain tersebut adalah Sinthaweechai Hathairattanakool, atau yang akrab disapa Kosin, dan Suchao Nuchnum.

Kosin bermain untuk Persib pada musim 2006/07, sementara Suchao membela Maung Bandung pada musim 2009/10. Mereka berdua sempat bermain bersama untuk Pangeran Biru, saat Kosin dipinjamkan selama setengah musim oleh Chonburi tujuh tahun lalu.
 

Kosin jatuh cinta pada Bandung dan para Bobotoh meski hanya semusim di Persib

Aksi impresif kedua pemain tersebut selama membela Persib membuat Kosin dan Suchao langsung mendapatkan tempat tersendiri di hati para Bobotoh. Hal ini bisa terlihat dari bagaimana sikap para Bobotoh dalam laga terakhir Suchao bersama Persib pada Januari 2010.

Usai Suchao melambaikan tangan kepada para penonton, sebagai tanda perpisahannya, setelah laga melawan Persik Kediri, puluhan Bobotoh mengerubunginya sembari memberikan bunga untuk ucapan terima kasih.

Hal yang sama juga dialami oleh Kosin sebulan kemudian, usai Persib berhadapan dengan Persisam Putra Samarinda.
 


Suchao membela Persib pada musim 2009/10

"Hatur nuhun, bobotoh. Saya bangga bisa bermain di Persib dengan suporter yang fantastis. Karena itu saya ingin kembali ke sini musim depan. Jangan lupakan saya," ujar Kosin kepada sejumlah bobotoh yang memberinya bunga sembari meneteskan air mata.

"Ini perpisahan yang sangat manis dan tidak akan pernah saya lupakan. Saya akan menjadikan perpisahan ini menjadi kenangan manis dan berjanji akan kembali lagi musim depan."

Perilaku yang mereka berdua terima dari para Bobotoh membuat Kosin dan Suchao kerap merindukan Persib. Bahkan pada perpisahan pertama Kosin dengan Maung Bandung pada 2006, penjaga gawang yang saat ini masih bermain untuk Chonburi tersebut sempat menulis surat untuk kepada para Bobotoh.
 


Surat dari Kosin untuk para Bobotoh

Dalam surat tersebut, kiper terbaik Liga Primer Thailand tahun 2008 itu menulis bagaimana dirinya merindukan kota Bandung, Persib, serta Bobotoh. Dalam surat itu dia juga menulis akan kembali membela Persib, sebuah janji yang berhasil ditepatinya pada tahun 2009.

Kini kedua pemain tersebut sudah sukses mengembangkan kariernya di kampung halaman mereka. Kosin bermain untuk Chonburi dan Suchao membela Buriram United. Untuk urusan prestasi, Suchao lebih unggul dibandingkan Kosin.

Sejak bergabung dengan Buriram United enam tahun lalu, pemain berusia 33 tahun tersebut sukses meraih empat gelar juara Liga Thailand dan Piala FA Thailand. Selain itu, Suchao juga didaulat sebagai kapten tim Buriram.

1.2K