Piala AFF 2016

(VIDEO) Langkah Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 Diibaratkan seperti Kisah Dongeng Cinderella

Selasa, 13 Desember 2016 13:15 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak final Piala AFF 2016 untuk bertemu Thailand. Keberhasilan tersebut jelas di luar dugaan banyak pihak, terutama para pencinta sepakbola Asia Tenggara.

Pasalnya persiapan Timnas sangat minim, hanya dalam jangka waktu tiga bulan Alfred Riedl membentuk tim. Apalagi, sepakbola Indonesia sempat mengalami mati suri usai konflik sepakbola nasional yang berujung pada sanksi FIFA 2015, sehingga berakibat terhentinya kompetisi resmi hingga Timnas tidak dapat berlaga di ajang internasional.

Tak hanya itu, kiprah Timnas juga terseok-seok di babak penyisihan Grup A Piala AFF 2016. Skuat Garuda hanya mampu lolos ke babak semifinal sebagai runner up grup dengan torehan 4 poin dari 3 laga untuk menemani Thailand. Timnas hanya menang kontra Singapura (2-1), satu laga berakhir imbang kontra Filipina (2-2), dan menelan kekalahan dari Thailand (4-2).
 


Laga Indonesia vs Thailand di babak penyisihan Grup A.

Langkah Timnas ke semifinal harus ditentukan saat pertandingan terakhir kontra Singapura serta laga Thailand vs Filipina. Timnas akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 2-1 dan memastikan tiket ke semifinal, usai Thailand membungkam Filipina 1-0.

Tidak berhenti di situ, langkah Timnas menuju final harus diwarnai dengan perjuangan keras dan keberuntungan. Skuat Garuda memang berhasil menunjukkan tajinya kala berhasil menaklukkan Vietnam 2-1 pada semifinal perdana di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 03 Desember lalu.

Di semifinal kedua, Timnas harus berjuang hingga babak perpanjangan waktu (120 menit) saat menantang Vietnam di My Dinh Stadium, 07 Desember lalu.
 


Para pemain Timnas Indonesia merayakan keberhasilan ke final Piala AFF 2016.

Menanggapi hal tersebut, salah satu komentator televisi khusus olahraga (ESPN), PJ Robert, mengibaratkan keberhasilan Indonesia melaju ke final Piala AFF 2016 seperti kisah dongeng Cinderella. Seperti diketahui, dongeng Cinderella merupakan kisah seorang putri yang biasa saja akhirnya menikah dengan seorang raja.

"Alfred Riedl sangat luar biasa, bisa membawa Indonesia ke final Piala AFF 2016. Ada dua pemain yang bersinar menghadapi Vietnam pada laga semifinal kedua, Stefano Lilipaly dan Boaz Solossa. Keduanya memiliki kemampuan seperti mempunyai sebuah sihir. Jauh dari faktor keberuntungan, Indonesia berjuang dengan kerja keras dalam laga tersebut. Kisah ini seperti Cinderella," kata PJ Robert.

Di sisi lain, PJ Robert juga memberikan prediksinya saat Timnas berhadapan dengan Thailand dalam laga final perdana Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabatu (14/12/16) esok malam WIB. Ia menilai laga akan berjalan ketat, dan dukungan penuh suporter akan membawa dampak besar bagi Timnas.

"Kita tahu Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki penggemar sepakbola terbesar di dunia. Mereka terus mendukung Indonesia untuk menjadi yang terbaik," ujar PJ Robert.

Apakah kisah Cinderella Timnas Indonesia kembali berlanjut hingga menjadi juara Piala AFF 2016? Hanya dua pertandingan final di Stadion Pakansari (14 Desember 2016) dan Stadion Rajamangala (17 Desember 2016) yang mampu menjawabnya. Maju terus Timnas Garuda !!!

1.1K