Hasil Survei: Sepakbola Indonesia Bakal Jadi Macan Asia Tenggara

Rabu, 14 Desember 2016 12:13 WIB
Editor: Irfan Fikri
 Copyright:

Survei dilakukan 1 sampai 5 Desember 2016 melalui jaringan telepon dengan metode pemilihan responden, sampling acak sistematis (systematic random sampling). Telesurvei melibatkan 400 responden yang mengaku memiliki KTP Jakarta saat ditelepon ini memiliki margin of error +/- 5 persen.

Selain 56% responden yang percaya Indonesia bakal juarai Asia Tenggara, dari rilis resmi KedaiKOPI juga menyebutkan bahwa ada 34% masyarakat tak yakin timnas bakal banyak bicara banyak di level Asia Tenggara, sementara  1,5% yang ragu-ragu dan sisanya tidak tahu atau tidak jawab.

PSSI sendiri baru saja membentuk kepengurusan baru periode 2016-2020 di bawah kepemimpinan  Ketua Umum Edy Rahmayadi serta Wakil Ketua Umum yakni Joko Driyono dan Iwan Budianto.

Kepengurusan baru ini menjadi sorotan setelah Indonesia berhasil tembus ke partai final Piala AFF kontra Thailand malam nanti. Pada leg pertama akan berlangsung di Stadion Pakansari Bogor, sementara pada leg kedua berlangsung 17 Desember nanti.

Lolosnya Indonesia ke partai puncak pada Piala AFF tahun ini sejatinya di luar ekspektasi sejumlah pihak mengingat Indonesia baru saja bebas dari sanksi FIFA akibat kemelut di tubuh PSSI.

Harapan besar untuk meraih gelar di ajang ini sangat tinggi, sebab di kancah ini belum sekalipun Indonesia berhasil menjadi juara Piala AFF (dulu disebut Piala Tiger).

Prestasi tertinggi Indonesia hanyalah tempat kedua pada tahun 2000, 2002, dan 2004, dan 2010 (hal ini  menjadikan Indonesia negara terbanyak peraih runner-up dari seluruh negara peserta Piala AFF). Di ajang SEA Games pun Indonesia baru dua kali meraih medali emas, yaitu 1987 dan 1991.