Piala AFF 2016

Statistik Menakjubkan Kurnia Meiga Selama Piala AFF 2016

Minggu, 25 Desember 2016 18:54 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Kurnia Meiga Hermansyah sempat menuai kritikan para pencinta sepakbola Tanah Air dalam dua pertandingan babak penyisihan Grup A Piala AFF 2016. Kiper klub Arema FC itu kebobolan 6 gol dari dua pertandingan. Saat itu, Timnas Indonesia takluk 2-4 dari Thailand dan imbang 2-2 kontra Filipina.

Kritikan tersebut membuat Kurnia Meiga bangkit. Kiper berusia 26 tahun itu hanya kebobolan satu gol kala Timnas membungkam Singapura dengan skor 2-1 pada laga terakhir babak penyisihan Grup A di Stadion Rizal Memorial, 25 November lalu.
 


Aksi Kurnia Meiga Hermansyah saat menangkap bola ketika Timnas Indonesia menghadapi Vietnam.

Penampilan Kurnia Meiga kian ciamik kala Timnas menyingkirkan Vietnam dengan agregat 4-3 pada dua laga semifinal. Ia kerap kali mengagalkan serangan bertubi-tubi Vietnam.

Kala itu, Timnas menang 2-1 atas Vietnam pada laga semifinal perdana di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, 03 Desember lalu. Kemudian menahan imbang The Golden Stars 2-2 pada semifinal kedua di Stadion My Dinh, Hanoi, tiga hari berselang.

Sayang, Kurnia Meiga gagal membawa Timnas menjadi juara Piala AFF 2016 usai dikalahkan Thailand dengan agregat 2-3. Timnas Garuda menang 2-1 atas Thailand pada final pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, 14 Desember lalu. Selanjutnya, Tim Merah Putih takluk 0-2 dari The War Elephants pada final kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, tiga hari berselang.
 

Meski begitu, berdasarkan data Labbola, statistik keseluruhan Kurnia Meiga di Piala AFF 2016 sangat gemilang. Ia membukukan 23 penyelamatan dari 36 percobaan tendangan yang mengarah ke gawangnya. Ia hanya kebobolan 13 gol dari 7 pertandingan.

Dengan begitu, Kurnia Meiga terus menunjukkan peningkatan dari pertandingan ke pertandingan. Mulai dari babak penyisihan grup hingga final, lantaran tingkat kebobolannya berkurang.

1.2K