Bocah Baduy FC Antarkan Timnas Indonesia U-16 Juara di Pentas Internasional

Sabtu, 31 Desember 2016 11:56 WIB
Editor: Ramadhan
© fesbukbantennews.com
Pemain Timnas U-16 Copyright: © fesbukbantennews.com
Pemain Timnas U-16

Timnas Indonesia U-16 berhasil menorehkan prestasi gemilang di pentas internasional. Kali ini, Garuda Muda tampil apik di gelaran Singa Cup 2016 yang berlangsung di Singapura dengan membawa pulang satu gelar.

Menariknya, salah satu pemain yang memperkuat Timnas U-16 berasal dari suku Baduy yang berada di pedalaman di wilayah Banten, Awan. Pemain dari Baduy FC ini ikut tampil bersama Timnas U-16 sebagai seorang gelandang.

Di pentas Singa Cup 2016, Awan beserta rekan-rekan setimnya di Timnas U-16 sukses melibas lawan-lawannya yang notabene berasal dari berbagai negara Asia Tenggara.

Mereka mengalahkan India dengan skor telak 12-1, imbang 0-0 kontra Thailand 0-0, mengalahkan Singapura dengan skor 4-1, dan melibas Malaysia dengan skor ketat 3-2.

Bintang Timnas Indonesia U-16 asal Baduy FC, Awan berhasil membawa pulang trofi dari Singa Cup 2016, Singapura.

“Awan ikut berangkat bersama Timnas Indonesia U-16 dan bermain sebagai gelandang posisinya di Singa Cup,” kata Manajer Baduy FC, Andi Suhud kepada INDOSPORT.

Awan sendiri merupakan talenta dari suku Baduy yang berlatih bersama klub bernama Baduy FC. Klub sepakbola masyarakat adat Baduy yang baru berdiri setahun lebih itu, biasa berlatih di Desa Leuwidamar, Lebak, Banten.

Sebelumnya, pencapaian Awan menembus pemain inti Timnas U-16 dan mengikuti kejuaraan Singa Cup di Singapura tak mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat maupun Asprov PSSI Banten, sehingga pembangunan tim dilakukan secara swadaya atau inisatif pribadi.

Awan saat menjalani latihan keras bersama Baduy FC.

Namun keadaan itu tidak membuat Baduy FC patah semangat, para pemain termasuk Awan tetap giat berlatih.

“Sejauh ini bukan kurang perhatian tetapi malah tidak ada, sejauh ini secara swadaya," ungkap Andi Suhud, saat dihubungi awak INDOSPORT.

7.2K