Terungkap, Ajax Amsterdam Punya Pemain Muda Keturunan Indonesia Selain Ezra Walian

Senin, 2 Januari 2017 14:14 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Nama Ezra Walian mulai ramai diperbincangkan setelah keinginan besarnya untuk membela skuat Merah Putih diketahui secara luas oleh masyarakat Indonesia. Tapi belakangan diketahui, jika selain memiliki Ezra Walian, Ajax Amsterdam ternyata menyimpan sosok pemain muda keturunan Indonesia.


Ezra Walian, pemain muda Ajax Amsterdam berdarah Indonesia.

Dia adalah Jairo Riedewald, pemuda berusia 20 tahun yang memiliki garis keturunan Indonesia dari jalur ibu dan neneknya yang berdarah Ambon, sementara ayahnya berasal dari Suriname.

Keberadaan Riedewald di Ajax Amsterdam sebagai pemain keturunan Indonesia sejatinya sudah lama terungkap dalam sebuah wawancara resmi dengan pihak klub saat akan menjalani tur ke Indonesia pada tahun 2014 silam.

"Ayah saya lahir dan besar di Suriname, sedangkan Ibu punya setengah darah Belanda dan Indonesia. Jadi, bisa dibilang saya ini merupakan percampuran darah Suriname, Belanda, dan Indonesia," ungkap Riedewald di laman resmi Ajax seperti dikutip Superball


Jairo Riedewald, pemain muda Ajax Amsterdam berdarah Indonesia.

Secara prestasi, Riedewald disebut memiliki karier yang selangkah lebih baik ketimbang Ezra lantaran sudah mendapat kesempatan untuk melakoni debut lebih awal pada musim 2013/14 oleh pelatih Frank De Boer.

Kiprah Riedewald saat melakoni debutnya pun terbilang cukup istimewa. Pasalnya ia langsung berhasil mencetak dua gol saat menghadapi tuan rumah Roda JC pada Desember 2013 di Liga Belanda. Padahal, saat itu ia baru diberi kesempatan untuk bermain pada menit ke-80 menggantikan pemain veteran, Christian Poulsen.


Debut Jairo Riedewald bersama Ajax Amsterdam.

Lebih spesialnya, dua gol yang diborong Riedewald berhasil membawa kemenangan bagi Ajax yang saat itu sempat tertinggal 0-1 sebelum pemain kelahiran 9 September 1996 itu diturunkan.

Dan, yang lebih mentereng lagi saat ini Riedewald sudah tercatat sebagai pemain utama Ajax Amsterdam dan bermain di kompetisi Eredivisie Belanda. Musim ini ia sudah mencatat 10 penampilan di Eredivisie. 
2.3K