Piala AFF 2016

Vietnam Didenda Setengah Miliar Gara-gara Serang Bus Timnas Indonesia

Kamis, 5 Januari 2017 18:56 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Pihak AFC memutuskan untuk menjatuhkan sanksi berupa denda sebesar 38 ribu dollar AS atau sekitar Rp511 juta yang harus dibayarkan oleh Federasi Sepakbola Vietnam (VFF).

Pihak VFF sendiri sedianya sudah melayangkan permohonan maaf terkait insiden pelemparan batu yang terjadi pada Rabu (07/12/16) usai laga semifinal leg kedua antara Timnas Indonesia melawan Timnas Vietnam di area Stadion My Dinh, Hanoi.

Namun pihak AFC menilai jika kasus tersebut tidak cukup diselesaikan dengan permohonan maaf saja, hingga berujung pada sanksi hukuman berupa denda.

Video insiden pelempara batu ke bus Timnas Indonesia oleh suporter Timnas Vietnam.

"AFC mengumumkan sanksi denda sebesar 38 ribu dollar dan mengeluarkan peringatan karena insiden semacam itu baru pertama kalinya terjadi di sini," kata Sekretaris Jenderal VFF, Le Hoai Anh kepada wartawan Vietnam seperti dilansir Vietnamnet.

Akibat sanksi tersebut, keuntungan yang didapat Vietnam dari ajang Piala AFF 2016 menjadi berkurang. Sebagai semifinalis, Vietnam sedianya berhak menerima hadiah sebesar 50 ribu dollar AS atau setara dengan Rp650 juta.

Namun akibat harus membayar denda, maka uang hadiah yang diterima Vietnam berkurang sebanyak 78,6 persen hingga tersisa 21,4 persen, yang jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp139 juta.

1.4K