Kongres PSSI

Pelatih Baru, Timnas Indonesia Dipastikan Bakal Berguru ke Daratan Spanyol

Minggu, 8 Januari 2017 16:57 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ramadhan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Indonesia merayakan gol Hansamu Yama Pranata. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Indonesia merayakan gol Hansamu Yama Pranata.

Sejauh ini, Kongres Tahunan PSSI memang belum menetapkan siapa yang bakal menjadi pengganti Alfred Riedl di kursi pelatih Timnas Indonesia. Namun, sudah ada dua calon yang ditetapkan PSSI sebagai pelatih Skuat Garuda dan Timnas U-22.

Dua kandidat pelatih tersebut merupakan juru racik asal daratan Spanyol, Luis Fernandez dan Luis Milla. Luis Fernandes merupakan mantan pelatih Paris Saint-Germain (PSG) dan sejumlah klub profesional di Prancis.

Sedangkan, Luis Milla merupakan mantan pelatih Timnas Spanyol U-21 yang membawa David de Gea dan kawan-kawan menjuarai Euro U-21 tahun 2011 silam.

Berbarengan dengan sudah ditetapkannya dua pelatih berdarah Spanyol tersebut sebagai calon pelatih Timnas, rasanya sudah bisa ditebak apa saja rencana yang akan dijalankan nantinya untuk Skuat Garuda. Salah satunya terkait pemusatan latihan atau Training Center (TC) Timnas.

Suasana Kongres Tahunan PSSI 2017 yang berlangsung di Hotel Aryaduta, Bandung.

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi menegaskan bahwa TC Timnas Indonesia akan diarahkan ke Spanyol. Edy merasa permainan Tim Merah Putih lebih condong ke arah Negeri Matador.

TC di Spanyol? Kebetulan tubuh kita, permainan kita, dan taktik kita mirip dengan Spanyol. Sehingga kita dekatkan ke sana saja. Kami try out dengan beberapa klub di sana,” kata Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi di acara Kongres Tahunan PSSI di Hotel Aryaduta, Bandung, Minggu (08/01/17).

“Ada juga ke Asia setelah Spanyol. Ke Jepang dan Korea. Mulai bulan ini Timnas berlatih. Jadi sebulan di Indonesia, bulan kedua di luar, dua bulan berikutnya siap main di Kuala lumpur. Tidak ada pembatasan pemain lagi,” tandasnya.

Para pemain Timnas Indonesia saat menjalani sesi latihan di Piala AFF 2016.

Sebagai informasi, meski Timnas Indonesia akan kembali dilatih oleh pelatih asing, namun untuk posisi asisten pelatih kemungkinan besar akan diisi oleh pelatih lokal. Hal itu tak lepas dari tradisi staf kepelatihan Timnas Indonesia yang sudah dijalankan dari tahun ke tahun.

2.1K