Persib Gunakan Stadion GBLA di Piala Presiden 2017?

Jumat, 27 Januari 2017 20:23 WIB
Kontributor: Ginanjar | Editor: Tengku Sufiyanto
© Ginanjar/INDOSPORT
General Coordinator panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persib Bandung, Budi Bram Rachman. Copyright: © Ginanjar/INDOSPORT
General Coordinator panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persib Bandung, Budi Bram Rachman.

Piala Presiden 2017 akan dimulai pada tanggal 4 Februari mendatang. Ada 20 tim yang ikut ambil bagian dalam turnamen tersebut. Seluruh peserta berasalkan dari 18 klub Liga 1 dan dua tim Liga 2 atau finalis Indonesia Soccer Championship (ISC) B, yakni PSCS Cilacap dan PSS Sleman.

Semuanya telah dibagi dalam lima grup wilayah. Masing-masing grup dihuni oleh empat tim. Lima wilayah yang ditunjuk sebagai tuan rumah babak penyisihan adalah Sleman, Malang, Bandung, Bali, dan Madura.

Grup 1 dihuni oleh tuan rumah PSS Sleman, Persipura Jayapura, Mitra Kukar, dan Persegres Gresik United. Grup 2 di tempati tuan rumah Arema FC, Bhayangkara FC, Persija Jakarta, dan PS TNI.

Sedangkan Grup 3 diisi oleh tuan rumah yang sekaligus juara bertahan, Persib Bandung, PSM Makassar, Persiba Balikpapan, dan Persela Lamongan. Grup 4 dihuni tuan rumah Bali United FC, Sriwijaya FC, Pusamania Borneo FC, dan Barito Putera. Grup 5 diisi oleh tuan rumah Madura United, Semen Padang, Perseru Serui, dan PSCS Cilacap (juara Indonesia Soccer Championship B).
 


Pembagian grup Piala Presiden 2017.

Persib Bandung selaku tuan rumah Grup 3 belum menentukan akan menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) atau Stadion Si Jalak Harupat, untuk menggelar pertandingan. Pasalnya, PSSI belum menyerahkan surat pemutusan stadion untuk menggelar laga babak penyisihan Grup 3.

Tim Maung Bandung pun masih menunggu arahan PSSI. Persib tidak mau menunjuk stadion yang akan dipergunakan untuk menggelar laga-laga Grup 3 Piala Presiden 2017.

"Soal isu Stadion Si Jalak Harupat, mungkin datanya masih yang kemarin (Piala Presiden 2015). Sedangkan surat penunjukkan dari PSSI ke panpel lokal itu belum ada sampai saat ini. Jadi untuk mengurus segala hal seperti perizinan butuh dasar itu (surat)," ujar General Coordinator panitia pelaksana pertandingan Persib Bandung, Budi Bram Rachman.
 


Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Berbeda halnya dengan Liga 1 2017, Bram mengaku sudah menyiapkan dua nama stadion sesuai dengan intruksi manajemen Persib, yakni Stadion Si Jalak Harupat dan Stadion GBLA.

"Untuk Liga kita akan daftarkan dua stadion itu. Tapi kalau Piala Presiden masih tunggu surat penunjukkan dari PSSI ke kita sebagai tuan rumah," katanya.

Akan tetapi, Bram mengungkapkan, hasil komunikasi yang dilakukan dengan manajer Persib Umuh Muchtar, Stadion GBLA kemungkinan menjadi pilihan. 

"Kalau kata Pak Umuh ke GBLA. Tapi nanti kita akan cek kesiapan GBLA dulu seperti apa. Karena yang pasti dua stadion itu layak," ujarnya.
 


Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Sementara itu, Umuh sendiri membenarkan Stadion GBLA menjadi prioritas utama Persib dalam menggelar babak penyisihan grup 3 Piala Presiden 2017. Selain jarak tempuh yang cukup dekat, biaya pengamanan jauh lebih murah dibandingkan Stadion Si Jalak Harupat.

Menurut Umuh, rumput lapangan di Stadion GBLA saat ini sudah mulai membaik pasca digunakan sebagai ajang pembukaan dan penutupan PON Jawa Barat 2016 lalu. 

"Mudah-mudahan kita bisa gunakan GBLA," kata Umuh.

101