Coba Banyak Formasi, Inilah Gambaran Starting XI Baru Persija Jakarta

Sabtu, 4 Februari 2017 06:18 WIB
Editor: Ramadhan
© INDOSPORT
Persija Jakarta. Copyright: © INDOSPORT
Persija Jakarta.

Coach Teco terus mencari formula yang tepat untuk meracik strategi timnya jelang tampil di Piala Presiden 2017. Meski meminta para pemainnya memahami banyak formasi, Persija Jakarta kemungkinan besar akan menerapkan formasi 4-3-3.

“Pemain harus tahu semua formasi. Makanya kami akan mencoba menerapkan formasi 4-3-3. Kami juga akan melihat apakah Persija cocok dengan formasi ini,” kata pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco.

Apa yang diterapkan oleh pelatih asal Brasil ini terbilang baru karena selama ini Persija identik dengan formasi 4-4-2 atau 4-2-3-1. Formasi yang diterapkan oleh Coach Teco tersebut sudah biasa dilakukan saat ia membesut salah satu tim di Liga Thailand.

Namun, sebenarnya Persija sudah mencoba formasi 4-3-3 ini kala tampil di Trofeo Bhayangkara Cup 2017 bersama Bhayangkara FC dan Arema FC.

Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco di sesi latihan skuat Macan Kemayoran.

Sayang, hasilnya terbilang belum memuaskan karena tim asal ibu kota ini harus puas keluar sebagai juru kunci setelah imbang 0-0 melawan Bhayangkara dan kalah 0-1 dari Arema FC.

Namun, saat latihan menjelang keberangkatannya ke Malang guna menjalani pertandingan Piala Presiden Grup 2, Teco terus menggembleng Bambang Pamungkas dan kawan-kawan dengan formasi baru ini dengan memaksimalkan pemain yang ada.

Untuk lini depan, Coach Teco mencoba menempatkan Bambang Pamungkas di kiri, Rudi Widodo di tengah, dan Ambrizal Umanailo di sisi kanan. Mereka ditopang oleh Sandi Sute, Hon Soon-hak, dan Sutanto di lini tengah.

Bambang Pamungkas masih akan masuk dalam skema baru Coach Teco.

Lalu, posisi 4 pemain belakang diisi oleh Rezaldi Hehanusa, Maman Abdulrahman, William Pacheco, dan Ismed Sofyan. Sedangkan penjaga gawang masih akan mengandalkan bintang Timnas Indonesia, Andritany Ardiyasa.

Formasi ini kemungkinan berubah seiring masuknya pemain baru seperti Ryuji Utomo serta Pandi Lestaluhu. Selain itu, saat ini Macan Kemayoran juga menunggu kehadiran dua pemain asing.

Pemain Persija Jakarta menjalani sesi latihan di bawah pelatih baru Stefano Cugurra Teco.

“Kami butuh pemain asing untuk posisi striker. Saat ini kami masih menunggu,” kata pelatih berusia 42 tahun itu.

Sementara itu salah satu pemain Persija, Maman Abdulrahman mengaku sudah siap menjalankan formasi yang diterapkan oleh pelatih barunya itu. Menurut Maman, semua formasi pada dasarnya adalah sama.

Aksi para pemain Persija Jakarta saat menjalani sesi latihan perdana.

“Yang terpenting itu komunikasi dan koordinasi di lapangan. Apapun formasinya akan lebih mudah dijalankan jika komunikasi antar pemain bisa berjalan dengan baik,” jelas Maman.

Saat ini tim Persija Jakarta sudah bertolak menuju Malang dengan kekuatan 28 pemain, termasuk dua rekrutan baru yakni Ryuji Utomo dan Pandi Lestaluhu.

Di grup 2 Persija bakal menghadapi PS TNI, Bhayangkara FC, serta tuan rumah Arema FC. Pada laga pertama di Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu (05/0/172), Ismed Sofyan dan kawan-kawan bakal menghadapi PS TNI.

749