Piala Afrika 2017

Mesir Raih Trofi Hiburan, Ini Daftar Peraih Gelar Individu di Piala Afrika 2017

Senin, 6 Februari 2017 11:13 WIB
Editor: Ramadhan
© GABRIEL BOUYS/AFP/Getty Images
Essam El-Hadary (kiper Mesir) Copyright: © GABRIEL BOUYS/AFP/Getty Images
Essam El-Hadary (kiper Mesir)

Mesir harus mengakui keunggulan Kamerun saat keduanya saling berhadapan di laga puncak Piala Afrika 2017 yang berlangsung di Stade de l'Amitie, Libreville.

Meski mencetak gol lebih dulu lewat aksi Mohamed Elneny di menit ke-22, Mesir akhirnya harus merelakan gelar juara jatuh ke tangan Kamerun usai Les Lions sukses comeback dan menang dengan skor tipis 2-1 lewat gol Nicolas N’Koulou (59’) dan gol Vincent Aboubakar (88’).

Kekalahan dari Kamerun tersebut membuat Mesir gagal memperpanjang rekor sebagai negara yang meraih gelar Piala Afrika terbanyak sepanjang sejarah. Meski begitu, Mesir tetap menjadi penguasa Afrika dengan catatan 7 gelar.

Sementara di tempat kedua ada Kamerun yang mengoleksi total 5 gelar. Lalu, Ghana berada di peringkat ke-3 dengan koleksi gelar juara sebanyak 4 trofi.

Selebrasi juara Kamerun di Piala Afrika 2017.

Di hajatan Piala Afrika edisi 2017 yang berlangsung di Gabon itu, Kamerun tak hanya menjadi kampiun, tetapi juga berhasil menyabet sejumlah gelar individu yang diraih pemainnya.

Dua pemain Kamerun berhasil mendapatkan penghargaan di turnamen sepakbola terbesar di benua Afrika tersebut. Kedua pemain tersebut adalah Christian Basogog yang menyabet gelar pemain terbaik di sepanjang gelaran Piala Afrika 2017.

Gelandang berusia 21 tahun itu menjadi pemain pertama Kamerun yang meraih gelar pemain terbaik di Piala Afrika setelah sebelumnya diraih Rigobert Song pada gelaran Piala Afrika 2002, yang mana kala itu Kamerun juga keluar sebagai juara.

Kiper Mesir, Essam El-Hadary tertunduk lesu usai kalah dari Kamerun.

Sementara rekannya, Benjamin Moukandjo tampil sebagai pemain terbaik di pertandingan kontra Mesir di laga final saja.

Meski Mesir hanya berstatus sebagai runner up, Skuat Firaun tetap menyumbangkan pemainnya yang meraih penghargaan. Kiper gaek mereka, Essam El-Hadary meraih penghargaan sebagai kiper terbaik di turnamen Piala Afrika 2017.

Kiper Mesir, Essam El-Hadary saat menerima trofi Fair Play Award di Piala Afrika 2017.

Kiper berusia 44 tahun itu dianggap sebagai pemain yang konsisten mengawal gawangnya dengan melakukan sejumlah penyelamatan gemilang sejak fase grup. El-Hadary juga menjadi pemain tertua di Piala Afrika 2017.

Berikut Daftar Gelar Individu dan Tim di Piala Afrika 2017:
Juara: Kamerun (Trofi ke-5)
Runner Up: Mesir
Top Skor: Junior Kabananga (3 Gol/Kongo)
Pemain Terbaik: Christian Bassogog
Kiper Terbaik: Essam El-Hadary
Fair Play Award: Mesir

1K