Ditarget Rampung Bulan Juni, Stadion Batakan Masih Sisakan Persoalan

Selasa, 21 Februari 2017 03:42 WIB
Kontributor: Teddy Rumengan | Editor: Ahmad Priobudiyono
© Teddy Rumengan/INDOSPORT
Stadion Batakan. Copyright: © Teddy Rumengan/INDOSPORT
Stadion Batakan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan, Tara Alorante mengatakan, jumlah anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp70 miliar yakni Rp40 miliar untuk pembebasan lahan maupun drainase jalan masuk stadion.

Selain anggaran tersebut, juga jalan utama masuk stadion sepanjang hampir satu kilometer juga membutuhkan anggaran. Hanya saja untuk jalan masuk stadion dapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Kaltim senilai Rp2 miliar.

"Jalan masuk ini dianggarakan Rp2 miliar di 2017 bersumber dari bantuan dari Pemerintah Provinsi. Sedangkan untuk pembebasan lahan sudah diproses tinggal menunggu uang saja Rp 40 miliar lebih. Dananya belum ada," ujar Tara.


Pembangunan Stadion Batakan ditargetkan rampung pada Juni 2017.

Kendati begitu lanjutnya, saat ini progress pembangunan stadion sudah hampir rampung karena rumput maupun atap stadion sudah terpasang. Begitupun lampu stadion juga telah terpasang semua. Termasuk lampu hias stadion.

Meski sudah hampir rampung, namun hingga kini Tara menegaskan, bahwa stadion senilai Rp 1,3 triliun itu belum bisa dibuka untuk umum. Karena menyangkut keamanan aset dalam stadion maupun keamanan orang yang datang.

"Misalnya dari sisi security-nya siapa yang bertanggungjawab barang-barang disana lampu stadion, mekanikal elektrikal kalau itu dibuka lalu terjadi apa-apa ya bagaimana. Jadi sambil menunggu Juni, rumput dipelihara dulu  kita  mempersiapakan siapa yang akan menjaga mengelola dan menjaga semua itu," ujarnya.

780