Wow! Inilah Orang Indonesia Pertama yang Mengangkat Trofi Piala Dunia

Rabu, 22 Februari 2017 06:24 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Divulgacao/FIFA
Trofi Piala Dunia. Copyright: © Divulgacao/FIFA
Trofi Piala Dunia.

Akun Twitter Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (@KEMENPORA_RI) menjelaskan bahwa orang pertama Indonesia yang berhasil memegang trofi Piala Dunia adalah Wapres RI, Jusuf Kalla.

Trofi karya mendiang pematung Italia, Silvio Gazzaniga pertama kali menyambangi Indonesia pada tahun 2006 ketika Piala Dunia digelar di Jerman. 

Saat itu, dalam rangkaian tur yang digelar di 29 negara dan 31 kota yang berlangsung selama 100 hari, Indonesia adalah negara ke-16 yang disinggahi. Dalam kesempatan itu, Wapres JK diperkenankan memegang piala berlapis emas 18 karat tersebut selama beberapa detik.

Sementara itu, Presiden ke- 6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, merupakan Presiden Indonesia pertama yang mengangkat trofi tersebut.

Yang lebih membanggakan, ternyata peta Indonesia ditempatkan di depan trofi Piala Dunia sehingga penampakan negara Indonesia terlihat lebih jelas.

Konon sang pembuat trofi, Silvio Gazzaniga sangat terinspirasi dengan Indonesia, dan sangat meyakini Indonesia akan menjadi pemenang Piala Dunia.   

1.6K