On This Day

On This Day: Wafatnya Sir Bobby Moore, Pahlawan Timnas Inggris di Piala Dunia 1966

Jumat, 24 Februari 2017 14:02 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Rolls Press/Popperfoto/Getty Images
Timnas Inggris juara Piala Dunia tahun 1966. Copyright: © Rolls Press/Popperfoto/Getty Images
Timnas Inggris juara Piala Dunia tahun 1966.

Penikmat English Premier League mungkin lebih mengenal Sir Bobby Charlton, ikon sepakbola Manchester United yang pada kenyataannya memang turut masuk dalam skuat besutan manajer Alf Ramsey ketika itu. Namun demikian, berkat andilnya, Moore didaulat menjadi pahlawan Inggris.

Di final Piala Dunia 1966 yang digelar di Stadion Wembley, tuan rumah mampu menang 4-2 (2-2) atas Jerman Barat. Kemenangan itu sangat mengejutkan karena lawannya merupakan raksasa sepakbola dunia ketika itu dengan formasi 4-2-4.

Bermain sebagai kapten Pasukan Tiga Singa, Moore memang tidak mencetak gol di final tersebut. Tapi pengaruhnya di lini pertahanan dinilai memiliki andil besar. Sepanjang babak grup hingga semifinal, gawang Gordon Banks, kiper legendaris Inggris, hanya bergetar satu kali saja.

Kemenangan atas Jerman Barat di final itu, di sisi lain juga melambungkan nama West Ham United. Klub London Timur tersebut di era 60-an merupakan tim yang disegani meski tidak memenangi Liga Inggris. Tapi berkat Moore, Peters, dan Hurst, yang adalah andalan The Hammers di level klub, Inggris dibawanya naik ke podium tertinggi dan untuk pertama kalinya merengkuh trofi Jules Rimet.

Hurst membobol gawang Hans Tikowski, kiper Jerman Barat, sebanyak tiga kali, sedangkan Peters menyumbangkan satu gol. Keduanya adalah pemain West Ham, dan Moore yang menjadi kapten kala itu merupakan kapten West Ham. Maka ada ungkapan di Inggris "West Ham Won the World Cup" karena memang sumbangsih The Eastenders begitu nyata di tahun 1966.

Hari ini 24 tahun lalu, Inggris harus ditinggal oleh Moore, legenda dan pahlawan sepanjang masa The Three Lions. Penyakit kanker merenggut nyawanya 2 bulan sebelum berulang tahun ke-52. Sejak itu, kanker pun dijadikan sebagai musuh utama di negara Inggris, bukti betapa pengaruh Bobby Moore begitu nyata, baik dari sisi sepakbola maupun non sepakbola di Inggris.

Berikut ulasan mengenai perjalanan hidup dan karier Sir Robert Frederick Charles "Bobby" Moore yang dirangkum spesial oleh INDOSPORT.

288