La Liga Spanyol

Legenda Real Madrid Wafat

Jumat, 3 Maret 2017 20:29 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Christian Liewig - Corbis via Getty Images
Raymond Kopa. Copyright: © Christian Liewig - Corbis via Getty Images
Raymond Kopa.

Pemain legendaris Real Madrid, Raymond Kopa, meninggal dunia di usia 85 tahun. Kopa menghembuskan napas terakhirnya hari Jumat (03/03/17) pagi waktu setempat, setelah lebih dulu mendapat perawatan di rumah sakit di Angers, Prancis, sejak Minggu (26/02/17) lalu.

Di masanya, Kopa merupakan pemain cemerlang yang dikenal sebagai gelandang serang dengan operan tajam. Ia sukses meraih penghargaan Ballon d'Or pada 1958, dan menjadi pemain Prancis pertama yang meraih penghargaan tersebut.

Bersama Real Madrid, Kopa berhasil meraih tiga gelar juara European Cups, yang saat ini bernama Liga Champions.

Ia diboyong Real Madrid setelah tampil bagus saat membela klub Prancis, Stade de Reims, di final European Cup perdana tahun 1956. Saat itu, Madrid menang dengan skor tipis 4-3 di Parc des Princes.

Raymond Kopa, bersama Alfredo Di Stefano, memegang Si Kuping Besar setelah mengalahkan Fiorentina di final Liga Champions 1957.

Setelah pertemuan itu, Kopa berseragam Los Blancos dan membela El Real di tiga final European Cups beruntun. 

Pada 1959, Kopa comeback ke Reims dan meraih dua gelar Ligue 1 hingga akhirnya pensiun. Secara keseluruhan, ia mengantarkan empat gelar Ligue 1 untuk Reims. 

Kopa juga tampil bagus saat bermain bersama Timnas Prancis. Ia berhasil menorehkan 18 gol dalam 45 penampilan bersama Les Bleus. 

"Kepergian Raymond Kopa merupakan kehilangan besar bagi sepakbola Prancis. Raymond Kopa adalah seorang legenda," kata Ketua Umum Persatuan Sepakbola Prancis, Noel Le Graet.

1.3K