Piala FA

Cetak Hattrick, Heung-min Son Diejek Tukang DVD Bajakan

Senin, 13 Maret 2017 10:43 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Catherine Ivill - AMA/Getty Images
Heung-min Son. Copyright: © Catherine Ivill - AMA/Getty Images
Heung-min Son.

Kejadian tak terpuji terjadi tatkala Tottenham Hotspur berhadapan dengan Millwall FC, dalam laga lanjutan babak perempatfinal Piala FA pada Minggu (12/03/17) malam WIB. Bermain di White Hart Lane, anak asuh Mauricio Pochettino itu menang 6 gol tanpa balas.

Gol pembuka Spurs dicetak oleh Christian Eriksen pada menit 31, yang kemudian dilanjutkan oleh dua gol Heung-min Son pada menit 41 dan 54. Dele Alli dan Vincent Janssen ikut berkontribusi dengan mencetak gol pada menit 72 dan 79, yang kemudian ditutup oleh gol Son di menit 92.

Heung-min Son membawa pulang bola karena mencetak Hattrick.

Namun, kemenangan tersebut nampaknya tidak terdengar baik untuk gelandang sayap asal Korea Selatan, Heung-min Son. Bermain sejak menit awal pertandingan, pria berusia 24 tahun itu kerap diejek secara rasis oleh suporter lawan.

Ucapan-ucapan rasis yang dilontarkan oleh para fans Millwall antara lain berupa “DVD” atau “tiga keping lima dollar”. Sekadar informasi, apa yang dilakukan oleh para suporter Millwall merupakan bentuk dari stereotip orang-orang Asia yang kerap kali menjual DVD bajakan dengan harga yang relatif sangat murah dari harga asli.

Akibat perlakukan rasis yang diterimanya itu, dilansir oleh Sportsmole, kini FA tengah menyelidiki kasus tersebut. Sebelumnya, Millwall juga pernah diawasi oleh FA saat mereka mengalahkan Leicester City di perdelapanfinal Piala FA. Bila tindakan rasis itu terbukti akan kebenarannya, maka Millwall akan mendapatkan hukuman yang sangat berat dari FA.

680