Liga Primer Inggris

Eks Liverpool Dikabarkan Jadi Dalang Pemecatan Sahabat Mourinho?

Sabtu, 18 Maret 2017 09:07 WIB
Editor: Rendy Gusti
© Jan Kruger/Getty Images
Mantan pelatih Middlesbrough, Aitor Karanka. Copyright: © Jan Kruger/Getty Images
Mantan pelatih Middlesbrough, Aitor Karanka.

Sahabat Aitor Karanka, Jose Mourinho kabarnya mengetahui siapa dalang di balik pemecatan mantan koleganya tersebut yang terjadi beberapa hari lalu. Menurutnya, mantan pemain Liverpool, Stewart Downing dan pemain asal Uruguay, Gaston Ramirez menjadi penyebab Karanka kehilangan pekerjaannya.

Sebelumnya, Downing dikabarkan terlibat pertengkaran dengan sang pelatih di ruang ganti pemain. Selain itu, Gaston Ramirez juga disinyalir memiliki ketidaksukaan terhadap pelatih berusia 43 tahun tersebut. Padahal, sebelumnya mantan asisten pelatih Real Madrid itu telah memberikan dampak positif sejak ditunjuk pada musim 2013/14 silam.

Dalam 4 tahun kepelatihannya di Riverside Stadium, Karanka berhasil menyelamatkan The Boro dari degradasi ke League One. Di tahun keduanya, dirinya berhasil membawa Middlesbrough ke final play-off liga Championship. Sedangkan di musim ketiganya, Karanka berhasil membawa klub yang berdiri 141 tahun lalu itu promosi ke Liga Primer Inggris.

Aitor Karanka dan Jose Mourinho pernah bekerja sama di Real Madrid.

Jose Mourinho menanggapi hal tersebut dengan sebuah sindiran pedas kepada pemilik klub, Steve Gibson. Menurutnya, Karanka yang telah memberikan banyak hal positif kepada klub memang pantas dipecat.

"Saya rasa ia (Karanka) pantas untuk dipecat. Di tahun pertama ia berhasil menyelamatkan klub dari degradasi ke League One. Di tahun keduanya, ia berhasil membawa The Boro melaju ke final play-off liga Championship. Sedangkan di tahun ketiganya, ia berhasil membawa Middlesbrough promosi ke Liga Primer Inggris. Dan di tahun keempat, ia layak dipecat," sindir Mourinho, dikutip dari Daily Mail.

Jose Mourinho memberikan kritikan pedas kepada pemilik Middlesbrough.

Saat ini Middlesbrough memang tampil buruk di musim pertamanya di Liga Primer Inggris setelah promosi di musim 2016/17 ini. The Boro tengah berada di posisi 19 dengan mengumpulkan 22 poin di zona degradasi.

Pemecatan Aitor Karanka dari kursi kepelatihan Middlesbrough memang sempat disayangkan oleh beberapa pihak. Pasalnya, akhir pekan nanti (19/03/17), The Boro akan menjamu Manchester United di Riverside Stadium, dan reuni antara Karanka dan Mourinho bisa saja terjadi.

Namun, dengan adanya pemecatan tersebut, sudah bisa dipastikan keduanya batal bertemu dan sesi reuni harus ditunda dalam waktu yang tidak diketahui. Saat ini The Boro tengah dilatih oleh pelatih interim, Steve Agnew.