Muhammad Rafli, Singo Muda yang Berbagi Waktu Antara Karier dan Pendidikan

Minggu, 19 Maret 2017 08:24 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Gerry Anugrah Putra
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Muhammad Rafli ingin mengembangkan karier sepakbola di Arema FC. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Muhammad Rafli ingin mengembangkan karier sepakbola di Arema FC.

Arema FC melakukan perubahan di kompetisi Liga 1 musim ini. Jika dulu Singo Edan dikenal sebagai tim bertabur bintang, kini mereka banyak dihiasi banyak pemain muda berbakat.

Salah satu yang mulai mencuat adalah Muhammad Rafli. Aksinya memang belum terlalu banyak dilihat publik, tapi Rafli punya bakat yang luar biasa di sepakbola.

Pemain muda ini memang tergolong baru dan namanya belum banyak dikenal publik sepakbola Malang. Namun, Rafli yang saat ini masih berusia 18 tahun, memang belum banyak menunjukkan kemampuannya karena masih terganjal sekolah.

"Tahun ini adalah yang terakhir di SMA, sekaligus tahun ketiga saya di Malang,” ujar Rafli menceritakan dirinya kepada INDOSPORT.

Muhammad Rafli saat membela Arema FC di Stadion Kanjuruhan.

Karena kesibukan itulah Rafli masih jarang menghuni skuat Arema FC saat menjalani pertandingan tandang di Piala Presiden. Pemain asal Bekasi ini baru bisa menunjukkan kemampuannya saat pertandingan kandang di Malang.

"Karena sekarang harus ikut try out di sekolah. Mei nanti juga ujian akhir untuk lulus,” jelas salah satu siswa terbaik Aji Santoso International Football Academy (Asifa) itu.

Rafli memang sempat kesulitan membagi waktu antara karier sepakbola dan pendididkannya. Bahkan waktu berlatih dan sekolah kerap berbarengan yang mengharuskan ia memilih salah satu diantaranya.

Tapi sejak meneruskan SMA di Malang, Rafli mengaku semuanya berjalan dengan lancer. Apalagi sekolahnya saat ini punya kerja sama khusus dengan Asifa.

"Guru juga ikut bangga saya bisa masuk Arema. Pagi tetap sekolah, sore baru latihan. Sejauh ini tidak ada kendala waktu,” tandas pemain yang juga siswa kelas XII di SMA Negeri 9 Kota Malang tersebut.

778