Liga Primer Inggris

Alasan Logis Mourinho Ganti Taktik dan Strategi

Selasa, 21 Maret 2017 11:07 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© Chris Brunskill Ltd/Getty Images
Jesse Lingard saat melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya. Copyright: © Chris Brunskill Ltd/Getty Images
Jesse Lingard saat melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya.

Ketika melawan Middlesbrough, Jose Mourinho kembali melakukan eksperimen. Untuk pertama kalinya, Mourinho kembali menggunakan formasi tiga bek ketika bertanding di Liga Primer Inggris.

Jadwal yang padat memaksa suksesor Louis van Gaal tersebut untuk meninggalkan sejumlah pemainnya, seperti Henrikh Mkhitaryan dan Paul Pogba yang sengaja diistirahatkan.

Sementara itu, Zlatan Ibrahimovic tidak bisa bermain karena sedang menjalani hukuman. Sedangkan Wayne Rooney masih mengalami cedera.

Mourinho memilih menggunakan formasi 3-4-2-1 ketika menyambangi markas Middlesbrough di Riverside Stadium, dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

Itu pertama kalinya Mourinho kembali menggunakan formasi tiga bek di pertandingan Liga Primer Inggris. Terakhir, Mourinho menggunakan formasi itu pada Mei 2011 saat masih memperkuat Chelsea. Lantas, kenapa Mourinho memilih menggunakan formasi tersebut?

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho.
  • Pemain Mulai Kelelahan

Sebagai informasi, Man United baru saja menghadapi Liga Europa melawan Rostov di Stadion Old Trafford. Beberapa hari kemudian, Chris Smalling dkk harus menyambangi markas Middlesbrough. Kondisi ini yang memaksanya untuk melakukan perubahan formasi.

“Kami harus memikirkan beberapa pemain masih segar karena mereka tidak bermain dan beberapa pemain yang habis bertanding melawan Rostov mengalami kelelahan,” kata Mourinho.

Salah satu pemain yang bertanding di kedua laga tersebut adalah bek kanan Antonio Valencia. Selain Valencia, Phil Jones dan Smalling juga kelelahan.

“Contohnya, saya memainkan Valencia di posisi lebih tinggi untuk melindunginya,” ujar arsitek asal Portugal tersebut, diberitakan Squawka.

“Kemudian Jones dan Smalling. Jadi, saya membawa bek tambahan untuk memberikan mereka sedikit kenyamanan,” lanjutnya.

Antonio Valencia, Marcos Rojo, dan Jesse Lingard.
  • Menambah Daya Dobrak

Keputusan Mourinho untuk mengganti formasi 3-4-2-1 ternyata berdampak positif. Setan Merah bermain sangat agresif sejak menit awal babak pertama.

“Namun, tim bermain sangat solid, kompak dan berbahaya, khususnya di babak pertama sebelum terciptanya gol,” kata Mourinho.

“Kami berhasil menciptakan tiga peluang besar untuk mencetak gol dan saya rasa kami berhasil membuat mereka kesulitan,” lanjutnya.

Meski sempat mendapatkan perlawanan sengit, Man United akhirnya berhasil memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 3-1.

“Sangat normal Middlesbrough berusaha untuk bereaksi. Mereka sedang berusaha untuk berjuang dari degradasi, tapi kami pantas untuk meraih kemenangan,” kata Mourinho.

1.6K