Bocor! Iniesta Mengaku Sempat Enggan Membela Barcelona

Rabu, 22 Maret 2017 05:20 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Alex Caparros/GettyImages
Gelandang serang sekaligus kapten Barcelona, Andres Iniesta. Copyright: © Alex Caparros/GettyImages
Gelandang serang sekaligus kapten Barcelona, Andres Iniesta.

Berbicara kepada Bein Sports, Andres Iniesta mengaku jika dirinya enggan meninggalkan kampung halamannya di Fuentealbilla, Spanyol, untuk bergabung dengan sebuah klub sepakbola.

Saat itu, Iniesta kecil tidak ingin berpisah dengan keluarganya. Namun menariknya, karena dukungan dan rayuan dari seluruh anggota keluarganya tersebutlah yang membuat pemain berposisi sebagai gelandang ini akhirnya mau pergi untuk menjadi pesepakbola.

Menariknya lagi, penolakan yang diberikan Iniesta itu justru kepada akademi klubnya sekarang, Barcelona yang dikenal dengan nama La Masia. Iniesta dikabarkan lebih tertarik untuk bermain di klub asal kelahirannya, Albacete.

“Komentar pertama adalah saya tidak ingin pergi karena adanya ikatan keluarga saya. Saya tidak ingin pindah ke Barca saat masih muda, saya tidak ingin pergi ke tempat yang sangat jauh tanpa keluarga saya,” imbuh Iniesta.

Caption

“Tapi waktu suatu hari Minggu, ayah saya berbicara dengan saya yang membuat saya menjadi tertantang. Bersama beliau, saya jadi lebih percaya diri, dan jika dia menasihati saya, biasanya berhasil,” sambungnya.

“Saya menghormati ayah saya dan saya tahu harus mengambil risiko. Tidak lama setelah itu (bergabung dengan La Masia), saya merasa setiap bulan itu adalah yang terburuk dalam hidup saya. Tetapi dengan bantuan banyak orang, hari demi hari, segalanya jadi berjalan lebih baik,” tutupnya.

Andres Iniesta sebelumnya pernah bermain di klub junior Albacete di tahun 1994-1996. Setelah itu, ia pindah ke La Masia dari tahun 1996 hingga 2001.

Kemudian dari tahun 2001 hingga 2003, ia sempat bermain untuk Barcelona B, di mana pada tahun 2002 ia sebenarnya sudah dipromosikan ke tim senior Barcelona.

Andres Iniesta saat menjalani debut bersama Barcelona.

Selama membela Barcelona senior dari tahun 2002 hingga tahun 2017 ini, Iniesta turut menyumbangkan banyak gelar. Seperti, 8 gelar La Liga Spanyol, 4 gelar Copa del rey, 6 gelar Piala Super Spanyol, 4 gelar Liga Champions, serta masing-masing 3 gelar Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Tidak hanya bagi Barcelona saja, Iniesta juga turut menyumbangkan gelar bagi Tim Nasional (Timnas) Spanyol. Yaitu 1 gelar Piala Dunia di tahun 2010 dan dua gelar Europa Cup di tahun 2008 dan 2012.

672