Cedera Pulih, Andik Siap Berangkat ke Selangor

Sabtu, 25 Maret 2017 12:33 WIB
Kontributor: Fajar Kristanto | Editor: Ahmad Priobudiyono
© Selangor FA
Selebrasi Andik Vermansah. Copyright: © Selangor FA
Selebrasi Andik Vermansah.

Kondisi cedera yang menimpa Andik Vermansah perlahan-lahan menunjukkan perkembangan positif. Winger Timnas Indonesia ini telah pulih dan bersiap untuk kembali ke klub asalnya, Selangor FA, pada hari ini Sabtu (25/03/17).

Seperti diketahui, Andik mengalami cedera yang cukup parah saat memperkuat Timnas Indonesia di laga final leg pertama Piala AFF 2016 melawan Thailand tahun lalu. Akibatnya, pemain binaan Persebaya Surabaya ini harus menepi dan tidak bisa langsung bergabung dengan klubnya di Malaysia, Selangor FA. Ia bahkan nyaris dicoret dari klub berjulukan Gergasi Merah tersebut.

Seiring berjalannya waktu, cedera Posterior Cruciate Ligament (PCL) Andik terus mengalami perkembangan yang cukup bagus. Porsi latihannya pun tak hanya lari dengan kecepatan normal. Namun, ia juga sudah berani bermain game bersama rekan-rekannya.

Kini Andik siap kembali ke Selangor untuk melanjutkan kariernya di klub berjulukan Gergasi Merah itu. Andik rencananya akan kembali masuk skuat The Red Giants di putaran kedua Malaysia Super League 2017.

image article indosportAndik Vermansyah saat menjalani terapi beberapa waktu lalu. 

"Rencananya saya akan ke Malaysia pada 5 April 2017. Saya menunggu kepastian dari klub soal jadwal keberangkatan ke sana," jelas Andik.

Andik mengaku sudah tidak lagi merasakan nyeri atau sakit pada otot di sekitar lutut kanannya yang sempat mengalami sobek. Pemain berusia 26 tahun ini juga sudah mengolah si kulit bundar seperti sebelum cedera.

"Saya memang sudah sembuh dan semua kembali normal. Semua fase sudah terlewati, termasuk trauma pasca cedera," kata Andik.

Kendati begitu, pemain kelahiran Jember, 23 November 1991 ini tidak mau terburu-buru melakukan beberapa hal yang bisa membahayakan dirinya. Salah satunya, sebisa mungkin menghindari benturan. "Sebetulnya sudah tidak masalah, tapi sebagai antisipasi saja," jelas Andik.

Pemain yang sempat merasakan tackling megabintang David Beckham itu yakin bisa bermain normal layaknya sebelum cedera. Andik mengatakan sudah melatih semua bagian tubuhnya yang dulu kurang kuat. 

Adapun bagian sekitar pinggang, engkel, dan tubuh pemain Selangor FA itu sudah dilatih di pusat kebugaran. Hal itu Andik lakukan atas saran fisioterapisnya, Asep Aziz.

Terkait Persebaya, Andik memang pernah menjadi pemain andalan Green Force dan hingga kini masih terikat hubungan batin dengan klub kebanggaan Bonek itu. Andik sendiri telah berjanji akan kembali memperkuat Persebaya suatu saat nanti.

2.4K