La Liga Spanyol

Kenang Sang Legenda, Blaugrana Abadikan Johan Cruyff untuk Stadion Baru Barcelona

Minggu, 26 Maret 2017 13:50 WIB
Editor: Rendy Gusti
© PAU BARRENA/AFP/Getty Images
Legenda Barcelona, Johan Cruyff mendapatkan tribute di Camp Nou. Copyright: © PAU BARRENA/AFP/Getty Images
Legenda Barcelona, Johan Cruyff mendapatkan tribute di Camp Nou.

Barcelona yang baru-baru ini mengenang 1 tahun kematian legendanya, Johan Cruyff, telah menyiapkan beberapa agenda demi menghormati dirinya. Setidaknya Blaugrana akan menyiapkan patung Johan Cruyff di Camp Nou, meminta dewan kota untuk membuatkan nama jalan atas nama dirinya, serta menggunakan nama Johan Cruyff Stadium pada lapangan baru tim Barcelona B.

Johan Cruyff sendiri merupakan salah satu Legenda Barcelona yang dicintai publik Camp Nou. Pria yang menutup usiannya pada umur 68 tahun itu sempat menjadi pemain El Barca medio tahun 1973-1978, dan menjadi seorang pelatih di tahun 1988-1996.

Selama masa karier kepelatihannya, dirinya berhasil membawa El Barca meraih 11 titel juara. Pria berkebangsaan Belanda tersebut pernah membawa Blaugrana menjuarai 4 gelar La Liga Spanyol (1990-1994), 1 gelar Liga Champions (1991/92), 1 trofi Piala Winners (1988/89), 1 titel Copa del Rey (1989/90), 1 kali menjuarai Piala Super Eropa (1992), dan  3 juara Piala Super Spanyol (1991, 1992, dan 1994).

Terkait penamaan stadion baru Barcelona B, Presiden klub El Barca, Josep Maria Bartomeu merasa sangat berbangga dapat menggunakan nama Johan Cruyff. Menurutnya, pria kelahiran 25 April 1947 silam itu telah membantu Barcelona untuk bangkit dan mengajarkan untuk tidak cepat berputus asa.

"Ini merupakan sebuah kebanggaan bahwa nama Stadion Barcelona B tidak akan menggunakan nama Mini Estadi, dan akan menjadi Johan Cruyff Stadium. Ia merupakan orang yang mampu membuat kami bangkit dan mengajarkan bahwa tidak ada yang mustahil dalam dunia sepakbola ini," ujar Josep Maria Bartomeu, dikutip dari Fox Sports.

Selain itu, sang anak, Jordi Cruyff yang kini menjabat sebagai Direktur Olahraga di klub Maccabi Tel Aviv merasa senang dengan hadirnya patung ayahnya di Camp Nou. Menurutnya, kini sang ayah akan selalu hadir di setiap kesempatan Barcelona melakukan pertandingan kandang di Camp Nou.

"Sudah terjadi kesepakatan (terkait patung). Ayah saya nantinya akan selalu hadir di klub yang sangat ia cintai itu," ungkap pria berusia 43 tahun tersebut terkait pembuatan patung sang ayah.

464