Jepang dan Iran Menang, Berikut Klasemen Sementara Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia

Rabu, 29 Maret 2017 14:27 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© FIFA
 Copyright: © FIFA

Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia telah rampung digelar dalam dua minggu terakhir ini. Hasil mengecewakan diraih oleh wakil Asia Tenggara, Thailand, yang harus mengalami dua kali kekalahan atas Arab Saudi dengan skor 3-0, dan Jepang dengan skor 4-0.

Gol-gol tim samurai biru dicetak oleh Shinji Kagawa pada menit 8, Shinji Okazaki pada menit 19, yang kemudian dilanjutkan oleh Yuya Kubo pada menit 57, sebelum akhirnya ditutup oleh Maya Yoshida pada menit 83.

Kekalahan telak jawara Asia Tenggara atas Jepang ini sekaligus memupuskan harapan Asia Tenggara untuk mengirimkan wakilnya ke ajang Piala Dunia 2018 di Rusia nanti. Pasalnya, Thailand kini berada di posisi juru kunci grup B, dengan raihan 1 poin, dengan menyisakan 3 laga tersisa.

Sementara itu, tim Asia kuat lainnya, Korea Selatan dan Iran, berhasil mengalahkan lawan-lawannya dengan skor yang sama, 1-0. Gol Iran ke gawang China dicetak oleh Mehdi Taremi di menit 46, sedangkan gol Korea Selatan ke gawang Suriah dicetak oleh Jeong-ho Hong pada menit 4.

image article indosportKlasemen sementara grup A zona Asia.

Dengan kemenangan yang diraih oleh Iran dan Jepang, kedua tim kini menduduki peringkat pertama dari masing-masing grup klasemen. Iran berada di peringkat pertama klasemen sementara grup A dengan raihan 17 poin, unggul 4 poin dari Korea Selatan yang berada di peringkat kedua.

Sementara itu Jepang berada di peringkat pertama klasemen sementara grup B, dengan raihan 16 poin, unggul selisih gol dari peringkat kedua, Arab Saudi, yang sama-sama mengumpulkan 16 poin.

image article indosportKlasemen sementara grup B zona Asia.

Sekadar informasi, zona Asia akan memastikan diri mengirim 4 wakilnya ke Piala Dunia 2018, yang terdiri dari 2 tim teratas dari masing-masing grup. Asia dapat saja mengirim 5 wakil andai saja tim yang berada di peringkat ketiga yang terbaik, mampu mengalahkan tim peringkat empat dari zona Concacaf (Amerika Utara-Tengah).

533