Tulis 'inshallah' di Twitter, Carlton Cole Beragama Islam?

Kamis, 30 Maret 2017 07:28 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Scott Heavey/Getty Images
Selebrasi Cole kala membobol gawang Crystal Palace di Liga Primer Inggris. Copyright: © Scott Heavey/Getty Images
Selebrasi Cole kala membobol gawang Crystal Palace di Liga Primer Inggris.

Persib Bandung telah resmi merekrut Carlton Cole. Pemain kelahiran Inggris berdarah Nigeria itu praktis melengkapi kuota pemain asing di klub berujuluk Maung Bandung tersebut.

Cole merupakan produk akademi Chelsea. Kendati begitu, sejak menandatangani kontrak profesional bersama The Blues, ia lebih sering bermain di klub lain sebagai pemain pinjaman.

Tahun 2006, ia kemudian diboyong ke timur London, lebih tepatnya West Ham United. Di klub berjuluk The Hammers dan berlogo palu silang itu, Cole lantas bersinar dan dicap sebagai ikon serta idola Upton Park.

Dari 256 penampilannya bersama The Claret and Blue, striker yang kini berusia 33 tahun itu melesakkan sedikitnya 55 gol. Tak heran fans West Ham sangat mengelu-elukannya meski sudah tak bermain bagi mereka lagi.

Selama di Liga Inggris, Cole beberapa kali melakukan tindakan kontroversial sampai terlibat kasus hukum. Salah satunya adalah cuitan bernada rasis pada bulan Maret 2011 silam.

Saat itu Cole menulis ‘Orang-orang imigrasi datang mengepung Wembley! Aku tahu itu jebakan, hahahaha!’ sebelum dihapus oleh dirinya sendiri.

Tidak hanya itu, saja, Cole juga sempat menulis ‘Satu-satunya cara untuk keluar dengan aman dari stadion adalah dengan menggunakan jersey Inggris dan mengecat muka Anda dengan warna bendera Saint George!'.

Namun begitu, lambat laun sikapnya bisa lebih terkontrol. Seiring bertambahnya usia, Cole dinilai semakin dewasa, baik di dalam lapangan maupun luar lapangan. Dukungan dari Mark Noble dan James Collins, kawan dekatnya semasa di West Ham, membuat ia semakin mawas diri.

Lantas pada 2015 silam, ia mengejutkan suporter West Ham tatkala menuliskan kalimat "Cobaan buruk akan segera berakhir seiring usaha kita memperbaikinya #inshallah" di Twitter pribadinya, @CarltonCole1.

Cuitannya membuat warganet, terutama fans West Ham, berkomentar. Seperti @thewesthamzone yang terheran seraya bertanya "Saya tidak tahu kau Muslim? Saya selalu mengira kau Kristen. Ah, yang penting cedera hamstring-nya cepat sembuh".

Allan Smith melalui akun @Allan22_WHU juga bertanya "Kau Muslim, bro?"

Mengenai agama yang dianut oleh Cole, jika benar Islam, besar kemungkinan ia mendapat hidayah dari mantan rekannya di West Ham. Saat ia masih berseragam The Hammers, beberapa pemain memang ada yang beragama Islam, seperti Mohammed Diame, Alou Diara, Diafra Sakho, Modibo Maiga, Demba Ba, dan yang teranyar tentunya Cheikhou Kouyate.

Pindah ke Indonesia, terutama Bandung tentu bukan masalah bagi Cole untuk menjalankan ibadahnya. Apabila benar Muslim, Cole akan cepat beradaptasi karena kentalnya agama Islam di Tanah Air.

830