Liga 1 Indonesia

Menengok Usaha Kreatif Ultras Palembang, Pendukung Sriwijaya FC yang Garang di Stadion

Selasa, 4 April 2017 16:00 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Rizky Pratama Putra
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Ultras Palembang saat memberikan dukungan kepada Sriwijaya FC. Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT
Ultras Palembang saat memberikan dukungan kepada Sriwijaya FC.

Suporter merupakan salah satu eleman penting dalam sebuah laga sepakbola. Para pendukung setia ini menjadi pemain tambahan bagi klub yang didukungnya saat menjalani pertandingan.

Demikian pula dengan para pendukung sepakbola di Tanah Air. Beberapa di antaranya merupakan para die hard yang siap mendukung klub kebanggaannya dalam setiap laga.

Bahkan mereka memiliki cara tersendiri saat mendukung klub kesayangannya. Tidak hanya mendukung di stadion, para pendukung juga kerap mendukung klub kebanggaan mereka di luar stadion dengan cara yang tak kalah kreatif.

Salah satunya yang dilakukan oleh Ultras Palembang, salah satu kelompok suporter pendukung Sriwijaya FC. Ultras memiliki sebuah clothing line yang dijadikan sebagai wadah lain mendukung Sriwijaya FC.

Ultras memiliki sebuah distro yang menyediakan berbagai merchandise berbau Sriwijaya FC. Distro ini juga menjadi saluran kreatif yang mendatangkan pemasukkan bagi mereka sebagai amunisi lain membela Laskar Wong Kito.

Suporter yang kerap menggunakan baju berwarna hitam ini mendirikan distro yang pada awal beroperasi berada di Simpang Jakabaring Palembang. Namun, kini distro tersebut akan pindah ke daerah Ogan Permata Indah (OPI).

“Distro Ultras sekarang pindah ke OPI, saat ini dalam tahap renovasi,” ucap Presiden Ultras Palembang, Agung Fahrurrozi, Senin (03/04/17).

image article indosportSalah satu produk yang disediakan di distro Ultras Palembang.

Distro ini biasanya lebih mengedepankan dalam penyedian baju untuk suporter Ultras Palembang. Biasanya, para anggota baru biasanya akan mendapatkan baju kebanggaan Ultras di sini.

“Sekarang anggota Ultras Palembang sendiri lebih kurang 1.500 orang,” ucapnya.

Agung menjelaskan bila usaha kecil menengah yang menyediakan baju Ultras Palembang ini merupakan milik mantan Ketua Suporter Ultras Palembang, Simanis alias Qusoy. Selain menjadi pusat atribut para Ultras, lokasi baru nanti rencananya juga akan digunakan sebagai tempat berkumpul para penggila Sriwijaya FC.

“Di tempat distro itu nantinya juga akan menjadi tempat berkumpul,” ungkapnya.

Geliat kreatif yang dilakukan oleh para Ultras Palembang ini merupakan salah satu pemandangan umum pada sisi lain sepakbola modern. Kekaryaan para pendukung kreatif ini juga bisa menjadi lokomotif usaha bagi para pendukung sepakbola di Tanah Air.

168