Belum Jalani Sumpah WNI, PSSI Pastikan Ezra Segera Lengkapi Proses Naturalisasi

Selasa, 4 April 2017 14:41 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Ezra Walian belum juga melengkapi proses naturalisasinya yang sudah mencapai tahap akhir. Pasca permohonan Ezra sebagai WNI disetujui pemerintah, Ezra masih harus mengucap sumpah sebagai seorang WNI.

Sebelumnya, Ezra dijadwalkan akan menjalani proses tersebut sebelum keberangkatan Timnas U-22 untuk menjalani pemusatan latihan di Spanyol. Namun, pihak Ezra masih menunggu panggilan dari induk sepakbola tertinggi Tanah Air tersebut.

"Kami belum tahu kapan akan menjalani sumpah karena masih menunggu panggilan dari PSSI sebagai pihak yang merekomendasikan Ezra," tutur Wide Putra Ananda, manajer Ezra, saat dihubungi INDOSPORT.

image article indosportEzra Walian saat menjalani latihan bersama Timnas U-22 Indonesia.

Namun, Wide menegaskan bahwa Ezra akan segera menjalani prosesi sumpah WNI dalam waktu dekat ini. Wide juga memastikan bahwa pelaksanaan sumpah tersebut akan dilakukan di Tanah Air.

"Prosesi sumpah tetap akan dilakukan di Indonesia," tambah Wide.

Pihak PSSI sendiri melalui Direktur Media dan Hubungan Internasional, Hanif Thamrin, pun mengatakan akan segera memfasilitasi pemain berdarah Manado ini untuk menjalani sumpah. Kepada INDOSPORT, Hanif mengatakan bahwa pelaksanaan sumpah ini belum menentukan waktunya.

"Intinya tidak akan lewat dari jendela 3 bulan setelah Keppres (naturalisasi Ezra) diterbitkan," ugkap Hanif.

image article indosportEzra Walian baru saja membawa Jong Ajax menang dari FC Utrecht di Eerste Divisie Belanda.

Waktu pelaksanaannya sendiri mungkin akan dilakukan sebelum atau sesudah pemusatan latihan Timnas U-22. Namun kedua pihak masih saling berkoordinasi soal agenda dan jadwal.

"Lagi disesuaikan dengan jadwal dengan kompetisi Ezra-nya di sana dan jadwal Timnas," kata Hanif.

Ezra sendiri masih menjalani musim bersama Jong Ajax di Eerste Divisie Belanda. terkahir, pemain berusia 19 tahun ini baru saja membawa klubnya menang di kompetisi kasta kedua di Belanda tersebut.

1.1K